Pesawat N219 Kado Spesial HUT RI, Diterbangkan Pilot Perempuan

Pesawat N219 Kado Spesial HUT RI, Diterbangkan Pilot Perempuan
Pesawat N219 diterbangkan Captain Esther Gayatri Saleh melakukan Uji Terbang Perdana di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (16/8). Foto: RIANA SETIAWAN /RADAR BANDUNG/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Pesawat N219 dengan mulus mengudara dalam flight test di Bandara Husein Sastranegara Jalan Padjadjaran Nomor 154, Kota Bandung, kemarin (16/8). Seolah ini menjadi kado spesial HUT Kemerdekaan ke-72 RI.

Pesawat hasil pengembangan riset PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) itu terbang sekitar pukul 09.10 Wib.

Penerbangan perdana disaksikan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso, Dirut PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Budi Santoso dan seluruh jajaran direksi dan Dewan Komisaris PTDI.

Selain mencatatkan 20 menit di udara, N-219 juga langsung mendapatkan Certificate of Airworthiness dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasional Pesawat Udara Kementerian Perhubungan.

Pesawat berkapasitas penumpang 19 orang itu diketahui terbang melintasi rute di kawasan Batujajar dan Waduk Saguling dengan ketinggian sekitar 10.000 kaki.

Kemarin, juga menjadi momen spesial. Sebab, pesawat tersebut diterbangkan oleh pilot Kapten Esther Gayatri Saleh dan kopilot Kapten Adi Budi Atmoko.

Pilot Kapten Esther Gayatri Saleh mengaku bangga karena menjadi pilot perempuan pertama yang bisa menerbangkan pesawat N219.

”Yang pasti kita harus berbangga bahwa pesawat ini semuanya buatan anak bangsa,” kata Esther usai mendaratkan Pesawat N219, kemarin.

Pesawat N219 dengan mulus mengudara dalam flight test di Bandara Husein Sastranegara Jalan Padjadjaran Nomor 154, Kota Bandung, kemarin (16/8). Seolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News