Peternak Kecil Rentan Flu Burung

Peternak Kecil Rentan Flu Burung
Peternak Kecil Rentan Flu Burung
SAMPIT – Peternak unggas di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit flu burung yang bisa menyerang unggas di kandang. Terlebih bagi peternak kecil, unggas milik mereka dinilai sangat rentan terserang penyakit yang disebabkan virus H5N1 tersebut.

Lingkungan yang kotor dan kurang menjaga kebersihan kandang serta jarang memeriksa kesehatan unggas menyebabkan unggas mudah terserang atau terjangkit virus mematikan tersebut. Perlu keseriusan peternak untuk melakukan pencegahan agar unggas mereka tidak terserang penyakit flu burung atau penyakit lainnya.

“Flu burung semakin mudah menular karena lingkungan yang kotor. Para peternak kecil biasanya kurang menjaga kebersihan, kandang tak pernah disemprot disinfektan sehingga banyak kuman dan semakin memudahkan virus berkembang biak,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kotim Bima Eka Wardhana, Kamis (2/2).

Menurut Bima, peternak kecil kurang memperhatikan kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan kandang atau kesehatan unggas karena kurang begitu memahami cara-cara beternak unggas yang baik dan sehat. Akibatnya, virus flu burung sering ditemukan pada peternak kecil dibanding peternak besar.

SAMPIT – Peternak unggas di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit flu burung yang bisa menyerang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News