Petugas KPPS Papua Bawa Kabur Kotak Suara dan Coblos Sendiri

Petugas KPPS Papua Bawa Kabur Kotak Suara dan Coblos Sendiri
Pilkada Serentak 2018. Foto: JPG

jpnn.com, WAMENA - Salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Amalus Wetapo membawa lari kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS) di Wamena, Papua. Tak hanya membawa lari, dia juga mencoblos sendiri surat suara.

Menurut Menkopolhukam Wiranto, akibat ulah Amalus, pilkada serentak di sana sempat terhambat. Namun kini pelaku sudah ditangkap.

Wiranto mengatakan, petugas tersebut membawa kabur kotak suara tanpa alasan yang jelas.

"Di sana ada KPPS yang membawa kabur logistik pemilu di satu TPS saja. Sudah dapat ditangkap dan dilaksanakan pemilihan susulan di TPS yang itu," ujar dia di Mabes Polri, Rabu (27/6).

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, masalah seperti itu pernah terjadi saat dia menjabat Kapolda Papua. Kasusnya, kotak suara dibawa lari di TPS daerah Jayawijaya.

Menurut Tito, alasan dibawa kabur kotak suara ini karena ada orang tak terima dengan pemilihan tersebut.

"Umumnya alasannya primordialisme. Keberpihakan terhadap paslon tertentu karena keluarga, suku, dan lain-lain. Tapi laporan dari Kapolda sudah ditangkap. Kemudian sudah dibawa," jelas Tito.

Namun menurut Tito, masalah ini belum sepenuhnya selesai. KPUD bakal membicarakan solusi kelanjutan pilkada di lokasi. Menurutnya, sudah ada beberapa orang yang mencoblos, tapi juga ada yang belum.

Salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Amalus Wetapo membawa lari kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS) di Wamena, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News