PGN Pastikan Penyesuaian Harga Gas Sesuai Regulasi

PGN Pastikan Penyesuaian Harga Gas Sesuai Regulasi
Perusahaan Gas Negara (PGN). Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membangun sejumlah infrastruktur baru untuk memenuhi target bauran gas bumi 22 persen hingga 2025. Di dalamnya termasuk pembangunan 500 km jaringan pipa distribusi, 528 km pipa transmisi dan 3,59 juta sambungan rumah tangga.

"Target pembangunan infratruktur itu semuanya harus dibiayai sendiri perusahaan. Padahal, sejak 2013 PGN tidak pernah melakukan penyesuaian harga terhadap mayoritas pelanggan industri," kata Sekretaris Perusahaan PGN Rahmat Hutama, Minggu (25/8).

Menurutnya, rencana penyesuaian harga untuk gas industri itu adalah bagian dari rencana besar pembangunan infrastruktur baru itu. Rencana penyesuaian harga gas industri mendatang masih dalam koridor regulasi.

Rahmat menjelaskan, bauran gas bumi adalah perbandingan atau proporsi penggunaan energi. Untuk memenuhi target tersebut, percepatan pembangunan infrastruktur mutlak dilakukan agar penggunaan gas bumi semakin meluas dan merata ke berbagai daerah.

BACA JUGA: PGN Ekspansi ke Segmen Hotel dan Restoran

"Selama ini kami selalu mengambil risiko untuk membangun infrastruktur gas, kendati pasokan dan pasarnya belum terjamin. Inilah peran yang selalu dijalankan PGN sebagai pionir pemanfaatan gas bumi di Indonesia," kata Rahmat.

Berkat inisiatif dan peran PGN dan entitas anak usahanya, saat ini lebih dari 10.000 kilometer jaringan pipa gas telah terbangun dan melayani lebih dari 300 ribu konsumen dari berbagai segmen pasar. Adanya infrastruktur gas bumi memastikan gas bisa tersalurkan secara berkelanjutan.

Selain jaringan pipa distribusi, transmisi dan sambungan rumah tangga baru, PGN juga merencanakan pembangunan tujuh LNG filling station untuk truk/kapal, lima FSRU, dan 17 fasilitas LNG. Semuanya untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan dan menjangkau wilayah geografis dengan karakteristik kepulauan di seluruh wilayah Indonesia.

Sejak 2013 PGN tidak pernah melakukan penyesuaian harga terhadap mayoritas pelanggan industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News