Pilpres Ditunda, Petahana Panik?

Pilpres Ditunda, Petahana Panik?
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menggelar pertemuam darurat dengan anggota senior partai yang berkuasa APC, Senin (18/2). Foto: Reuters

jpnn.com, LAGOS - Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menggelar pertemuam darurat dengan anggota senior partai yang berkuasa APC, Senin (18/2). Pertemuan ini berlangsung di tengah penundaan pemilihan presiden Nigeria.

Komisi Pemilihan Umum Nigeria mengumumkan penundaan waktu pemilu hanya selang lima jam sebelum TPS dibuka akhir pekan kemarin. Pemilu akan dilakukan Sabtu mendatang.

Buhari, yang berkuasa sejak tahun 2015, menghadapi kontes pemilihan yang ketat melawan mantan wakil presiden Atiku Abubakar dari Partai Demokrat Rakyat (PDP). Keduanya mendesak pemilih untuk tetap tenang setelah penundaan diumumkan.

Atiku kemudian mengatakan pemerintahan Buhari berada di balik pemilihan yang tertunda. Namun dia tidak merilis bukti.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Nigeria mengatakan bahwa penundaan itu semata-mata karena faktor logistik dan membantah adanya tekanan politik di balik keputusan itu.

Diketahui bahwa pemilihan presiden pada 2011 dan 2015 juga tertunda karena masalah logistik dan keamanan. Demikian seperti dimuat Reuters. (mel/rmol)


Kubu petahana Nigeria langsung menggelar pertemuan setelah komisi pemilihan umum menunda pilpres


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News