PKB Mulai Usung Sistem Proporsional Tertutup

PKB Mulai Usung Sistem Proporsional Tertutup
PKB Mulai Usung Sistem Proporsional Tertutup
JAKARTA - Usulan PDI Perjuangan dalam RUU Pemilu agar caleg terpilih ditetapkan dengan sistem proporsional tertutup ternyata terus mendapat dukungan. Jika sebelumnya baru PKS yang memberi dukungan, kini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga seide dengan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

PKB yang sebelumnya memilih sistem proporsional terbuka, akhirnya berubah haluan dan mendukung pemberlakuan sistem proporsional tertutup. Artinya, partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu setuju jika pemilih cukup memilih gambar parpol di surat suara, sedangkan nomor urut caleg ditentukan oleh pengurus partai.

Anggota Pansus RUU Pemilu dari PKB, Abdul Malik Haramain, menyatakan, PKB telah melakukan kajian mendalam tentang sistem sistem pemilu yang ideal untuk 2014. Malik tak menampik masing-masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun demikian, sistem proporsional tertutup dianggap lebih pas diterapkan.

"Kita sadar bahwa proporsional tertutup atau terbuka sama-sama memiliki kelebihan dan kelemehan. Namun untuk tujuan penguatan kelembagaan partai, sistem proporsional tertutup lebih pas diterapkan untuk Pemilu 2014," kata Malik kepada JPNN, Selasa (13/12).

JAKARTA - Usulan PDI Perjuangan dalam RUU Pemilu agar caleg terpilih ditetapkan dengan sistem proporsional tertutup ternyata terus mendapat dukungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News