PKS Janji Hapus Pajak Sepeda Motor & Dorong SIM Seumur Hidup

PKS Janji Hapus Pajak Sepeda Motor & Dorong SIM Seumur Hidup
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berjanji akan memperjuangkan rancangan undang-undang (RUU) penghapusan pajak sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup jika parti berbasis massa Islam itu menjadi pemenang di pemilu 2019 mendatang.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS Almuzzammil Yusuf mengatakan, terobosan tersebut bisa mengurangi beban rakyat.

“Dengan kenaikan tarif dasar listrik dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan rancang undang-undang (RUU) penghapusan pajak sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup,” kata Muzzammil di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (22/11).

Muzzammil mencatat, Indonesia memiliki 105 juta pengguna sepeda motor aktif. Sebagian besar pemilik sepeda motor itu merupakan kalangan wong cilik.

Itulah kenapa, kebijakan ini dapat berdampak signifikan dengan perekonomian bangsa. Selain itu, kata dia, kebijakan penghapusan pajak itu juga mengurangi kerepotan, kerumitan, dan waktu produktif untuk mengurus administrasi.

Sebaliknya, waktu pengurusan itu bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna seperti bekerja. “Mereka adalah orang-orang yang paling diuntungkan dari kebijakan ini. Mereka adalah orang-orang kelas bawah menuju kelas menengah. Jadi penghapusan ini mengurangi beban 105 juta pengguna sepeda motor,” katanya.

Di sisi lain, penghapusan pajak sepeda motor itu dipastikan tidak akan menggangu secara signifikan keuangan APBD provinsi. Berdasarkan data yang dimilikinya, pajak sepeda motor hanya menyerap sekitar 7-8 persen dari total pendapatan daerah. “Porsi pendapatan pajak sepeda motor itu sekitar 7-8 persen dari total APBD,” jelasnya.

Sementara itu, Muzzammil menambahkan, pemberlakuan SIM seumur hidup dinilai untuk penghematan waktu produktif masyarakat.

PKS meyakini penghapusan pajak sepeda motor tidak akan menggangu secara signifikan keuangan APBD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News