Plan B Jika Lobi Pembatalan Pemangkasan Kuota Haji Gagal

Plan B Jika Lobi Pembatalan Pemangkasan Kuota Haji Gagal
Plan B Jika Lobi Pembatalan Pemangkasan Kuota Haji Gagal
JAKARTA--Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar melakukan negosiasi mengenai pembatalan pemangkasan kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi. Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu sudah mempersiapkan rencana jika negosiasi dengan Pemerintah Arab Saudi gagal. Anggito mengusulkan agar sisa kuota undangan dialihkan menjadi kuota umum.

     

"Memang benar, usulan itu memang ada", ujar Anggito kemarin (19/6). Anggito menjelaskan, usulan tersebut guna mengurangi antrian haji Indonesia yang semakin menumpuk sebagai akibat dari adanya pemangkasan kuota yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi. Akan tetapi, pihaknya masih belum tahu berapa jumlah kuota undangan yang akan diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk tahun 2013 ini. Sehingga, ia masih belum bisa memperkirakan berapa sisa kuota yang akan dialihkan nantinya.

"Kami masih belum tahu, tapi kami akan mengusulkan pengalihan sisa kuota undangan tersebut pada Pemerintah arab Saudi jika memang nantinya negosiasi awal gagal", jelasnya.

Namun, pihaknya tetap optimis negosiasi akan berjalan lancar dan Pemerintah Arab Saudi menerima permohonan Pemerintah Indonesia untuk membatalkan pemangkasan kuota haji. "Pemerintah telah mengirim menteri-menterinya beserta para dirjen dan staf ahli untuk melakukan pembicaran mengenai permohonan pemangkasan kuota haji tahun ini. Semoga hasilnya yang terbaik", ungkapnya.

JAKARTA--Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar melakukan negosiasi mengenai pembatalan pemangkasan kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi. Direktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News