Please, Jangan Umbar Tudingan Jokowi Mau Jadi Calon Tunggal

Please, Jangan Umbar Tudingan Jokowi Mau Jadi Calon Tunggal
Presiden Joko Widodo dan Ketua PPP M Romahurmuziy. Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menjadi salah satu pendukung Joko Widodo (Jokowi) menepis tudingan yang menyebut ada upaya mengondisikan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 hanya diikuti satu pasang calon. Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi menyatakan, tudingan untuk menjadikan Jokowi sebagai calon tunggal di Pilpres 2019 jelas tak berdasar.

"Saya kira itu tudingan tidak berdasar," kata Baidowi, Jumat (2/3). 

Lebih lanjut mantan wartawan itu mengatakan, tidak semua partai politik masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi. Bahkan, kata dia, tak semua partai yang masuk dalam pendukung pemerintahan saat ini mendeklarasikan Jokowi sebagai capres untuk Pemilu 2019.

Karena itu Baidowi menegaskan, tak perlu ada kecurigaan bahwa Jokowi akan jadi calon tunggal di Pilpres 2019. "Jadi, yang berpolitik yang normal dan alamiah saja agar tidak selalu mencurigai pihak lain," ujarnya. 

Baidowi menambahkan, dengan ketentuan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen maka sudah hampir pasti tidak ada calon tunggal.  "Karena partai politik di luar koalisi Jokowi masih bisa membentuk poros baru," ungkap anggota Komisi II DPR itu. 

Namun, sambung Baidowi, seandainya nanti hanya ada calon tunggal di Pilpres 2019 maka hal itu bukan sesuatu yang haram dalam demokrasi.  Apalagi, di pilkada pun fenomena calon tunggal sudah banyak terjadi. 

"Namun demikian tak ada niatan sedikit pun dari kami untuk menciptakan calon tunggal dalam pilpres," ungkapnya. (boy/jpnn)

 


Tidak semua partai politik masuk dalam koalisi pendukung pemerintahan saat ini langsung mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presiden untuk Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News