Please, Mau Sampai Kapan Cuek terhadap Radikalisme?

Please, Mau Sampai Kapan Cuek terhadap Radikalisme?
Sebuah mural yang menentang aksi terorisme terlukis di pinggir Jalan Raya Ngagel, Surabaya, Rabu (16/5). Foto: Hanung Hambara/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Saiful Rahmat Dasuki mengingatkan semua kalangan tentang gerakan terorisme di Indonesia sudah sangat membahayakan. Bahkan, para pendukung terorisme juga ada di berbagai kalangan termasuk birokrat dan pegawai badan usaha milik negara (BUMN).

Menurut Saiful, terorisme ibarat gunung es karena yang tampak di permukaan sebagian kecil saja atau lima persen. “Sisanya adalah yang terendam dan tak terlihat yang sangat berpotensi menjadi teroris," kata Saiful dalam dalam diskusi yang digelar Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (ALMISBAT) di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (29/5).

Diskusi didahului pemutaran film dokumenter bertitel Prison and Paradise karya sutradara Daniel Rudi Haryanto. Film itu menceritakan tentang pelaku dan korban Bom Bali I.

Saiful yang juga ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jakarta Selatan menambahkan, masyarakat harus makin waspada dan ikut serta untuk mengatas radikalisme. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang memilih diam dan tidak merespons gerakan-gerakan radikal di lingkungan terdekat.

Please, Mau Sampai Kapan Cuek terhadap Radikalisme?
Nanang Pudjalaksana (paling kiri selaku moderator) dalam diskusi yang menghadirkan sutradara Daniel Rudi Haryanto (memegang buku), Syaiful Rahmat Dasuki (berpeci) dan peneliti senior LP3ES Rahadi T Wiratama dalam diskusi tentang terorisme di kantor DPN ALMISBAT, Tebet, Jakarta Selatan.

Menurut Saiful, sikap diam masyarakat itu ikut menyuburkan radikalisme yang berpotensi berkembang menjadi terorisme. “Paham radikal ini mendapat ruang untuk tumbuh dan membesar," tuturnya.

Lebih lanjut Saiful mengutip hasil riset Alvara Research Center yang menemukan 23 persen responden dari kalangan milenial setuju dengan ide tentang negara khilafah. Bahkan, lima persen di antaranya menyatakan sangat setuju tentang gagasan negara khilafah.

Saiful menambahkan, pemahaman mengenai agama yang hanya mengacu tekstual merupakan salah satu faktor yang memengaruhi maraknya gerakan radikal berbasis agama belakangan ini. Padahal, kata Saiful, setiap teks pasti ada konteks dan asal-usulnya.

Terorisme ibarat gunung es karena yang tampak di permukaan hanya sebagian kecil. Sisanya terendam dan tak terlihat, namun sangat berpotensi menjadi teroris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News