Politikus Ini Bilang Eks Gafatar Bukan Kriminal, Bisa Saja Mereka Korban

Politikus Ini Bilang Eks Gafatar Bukan Kriminal, Bisa Saja Mereka Korban
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay meminta masyarakat memberikan ruang dan peluang bagi eks pengikut Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) untuk berubah dan memperbaiki diri. Diharapkan, seluruh pengikut gafatar yang ada bisa kembali menjalani kehidupannya sebagaimana layaknya warga negara lainnya. 

Apalagi, ada banyak di antara pengikut gafatar itu yang disinyalir tidak sadar telah terseret pada gerakan dan aktivitas keagamaan yang menyimpang. "Mereka itu kan bukan pelaku kriminal. Jangan-jangan mereka ini juga adalah korban. Tidak sadar sudah masuk kelompok yang menyimpang," kata Saleh di gedung DPR Jakarta, Jumat (22/1).

Karena itu, terungkapnya perkembangan Gafatar harus dijadikan momentum untuk merangkul mereka. Ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk mengembalikan mereka ke keluarganya di daerah asal.

Menyikapi kepulangan pengikut gafatar ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, masyarakat di daerah asal dihimbau agar menerima mereka kembali dengan tangan terbuka. Tidak boleh ada perlakuan diskriminatif atau melihat mereka sebagai orang lain. Mereka perlu diajak berbaur kembali dengan masyarakat.

Kedua, pemerintah diminta untuk menjaga dan memastikan keselamatan dan keamanan mereka jika kembali ke daerahnya. Oleh karena itu, aparat kepolisian mesti diberitahu data-data mereka secara pasti. Dengan begitu, pihak kepolisian setempat dapat memantau keberadaan mereka secara regular.

Ketiga, pemerintah dituntut untuk memikirkan agar mereka yang tidak memiliki pekerjaan diberi kesempatan untuk berdikari. Ada banyak program pemerintah yang bisa diberikan kepada mereka. Di kementerian sosial ada program KUBe, UEP, dan lain-lain.

"Saya yakin, sebagian di antara mereka yang bergabung justru karena faktor ekonomi. Ini harus diselesaikan. Pemerintah diminta untuk intervensi dengan program-program yang ada," ujar politikus PAN itu. 

Terakhir, kata Saleh, para pemuka agama diminta untuk melakukan pembinaan dalam hal pemahaman dan pengamalan agama. Pembinaan ini dimaksudkan agar mereka tidak terjerumus lagi kepada kelompok-kelompok menyimpang lainnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay meminta masyarakat memberikan ruang dan peluang bagi eks pengikut Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News