Politikus NasDem Ini Minta Novanto dan Keluarga Tabah

Politikus NasDem Ini Minta Novanto dan Keluarga Tabah
Syarif Abdullah Alkadrie. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai NasDem di DPR Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, partainya sangat prihatin atas penetapan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka korupsi proyek e-KTP.

“Kami berharap beliau dan keluarga bisa tabah menerima cobaan ini,” kata Syarif, Selasa (18/7).

Dia mengatakan, Fraksi NasDem menyerahkan sepenuhnya kepada Novanto dan Partai Golkar ihwal posisi ketua DPR pascapenetapan tersangka.

Menurut dia, sesuai Tata Tertib DPR maupun UU MD3 tidak mengharuskan Novanto mundur dari jabatan ketua DPR sampai nanti kasus hukumnya sudah ada keputusan berkekuatan hukum tetap.

“Saat ini kasusnya belum berkekuatan hukum tetap, jadi kita harus hargai asas praduga tak bersalah,” kata anggota Komisi V DPR itu.

Dia mengatakan, setiap partai politik tentu ada aturan-aturan yang mengatur soal etik dan moral untuk internal masing-masing. Karenanya, Nasdem menyerahkan sepenuhnya kepada Novanto dan Golkar.

“Fraksi Nasdem menyerahkan sepenuhnya kepada beliau dan partainya untuk mengambil keputusan. Kami tidak mencampuri urusan itu karena bukan ranah dan kewenangan kami,” tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga menghargai sepenuhnya keputusan Setya Novanto melakukan langkah-langkah hukum seandainya menganggap apa yang dialaminya tidak sesuai dengan yang diyakini.

“Di negara hukum, sangat wajar warga negara menggunakan hak-hak hukumnya sesuai aturan hukum yang berlaku di negeri ini,” pungkas legislator daerah pemilihan Kalimantan Barat (Kalbar) itu. (boy/jpnn)


Sekretaris Fraksi Partai NasDem di DPR Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, partainya sangat prihatin atas penetapan Ketua DPR Setya Novanto sebagai


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News