Polri Kriminalisasi Cagub yang Ogah Duet dengan Kapolda?

Polri Kriminalisasi Cagub yang Ogah Duet dengan Kapolda?
Irjen Setyo Wasisto. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri mengambil sikap atas dugaan kriminalisasi yang dilempar Partai Demokrat, terkait pemeriksaan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang di Bareskrim setelah menolak berpasangan dengan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin di Pilkada Kaltim 2018.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya akan mendalami lagi soal tudingan itu. Tapi sejauh ini, Setyo meyakini tak ada kriminalisasi di kasus tersebut.

“Kalau ada buktinya kan bukan kriminalisasi. Prosedur memanggil seseorang kemudian diminta keterangan sebagai saksi,” kata dia di Mabes Polri, Kamis (4/1).

Penyidik kata dia akan bekerja sesuai prosedur. Kalau nanti ditemukan pidana terhadap perbuatan Syaharie yang merupakan calon gubernur itu, maka kasus akan terus berlanjut. “Kalau terbukti kami proses lanjut. Kalau enggak, ya enggak,” imbuh dia.

Ketika disinggung kriminalisasi berkaitan dengan Syaharie yang menolak Irjen Safaruddin sebagai calon wakil Gubernur Kaltim, Setyo mengaku belum mengetahui hal itu. “Yang memaksa siapa? Saya belum dengar itu,” tambah dia.

Menurut dia, sebagai warga negara, Irjen Safaruddin punya hak untuk maju di Pilgub Kaltim. “Kebetulan Pak Safaruddin sebagai Kapolda dan dia bentar lagi mau pensiun. Dia punya hak politik mencalonkan maupun dicalonkan,” tegas Setyo. (mg1/jpnn)

(Hinca: Jangan Sampai 3 Kali Partai Demokrat Disakiti)


Partai Demokrat menduga adanya kriminalisasi terhadap Wali Kota Samarinda yang menolak berpasangan dengan Kapolda Kalimantan Timur di Pilgub 2018.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News