Popularitas AHY Terkatrol di Pilgub Jatim Usai Mencalonkan di DKI

Popularitas AHY Terkatrol di Pilgub Jatim Usai Mencalonkan di DKI
Cagub DKI Jakarta nomor urut satu Agus H Yudhoyono (AHY) bersama istri Annisa Pohan saat mengikuti pencoblosan Pilkada DKI Jakarta 2017 di TPS 06, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2). Foto by: Ricardo

jpnn.com, SURABAYA - Dalam survei yang dilakukan The Initiative Institut, selain Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini, ada juga tokoh lain yang namanya masuk dalam daftar bakal calon gubernur Jawa Timur 2018.

Dia adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan popularitas 40,2 persen. Disusul Abdul Halim Iskandar 14,6 persen, Said Abdullah 11,6 persen, Azwar Anas 8,8 persen, dan Hasan Aminuddin 5,2 persen.

“Popularitas Agus Harimurti Yudhoyono pasca pilkada DKI Jakarta yang mengatrolnya naik hingga dikenal oleh masyarakat Jatim,” kata CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

The Initiative Institute mengambil sample survei sejak 13 sampai 19 April 2017. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling yang melibatkan 956 responden berusia di atas 17 tahun yang tersebar di seluruh daerah di Jatim.

Ada 10 nama yang masuk daftar survei. Yakni Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, Agus Harimurti Yudhoyono, Abdul Halim Iskandar, Said Abdullah, Azwar Anas, Rendra Kresna, M. Misbakhun, dan Hasan Aminuddin.

Sebelumnya, lembaga survei Berpikir Institute juga merilis hasil analisis forecasting politik terhadap tokohtokoh yang bakal maju dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang.

Indikator analisis yang digunakan ada empat yaitu Inkumbensi, Popularitas, Basis Dukungan, dan Penerimaan Partai. Ada empat tokoh yang mendapat nilai rata-rata 7 untuk semua indikator.

Nilai tertinggi dimiliki Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (7,9), Khofifah (7,4), Azwar Anas (6,9), dan Tri Rismaharini (6,8).

Dalam survei yang dilakukan The Initiative Institut, selain Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini, ada juga tokoh lain yang namanya masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News