Popularitas dan Elektabilitas Deddy Mizwar Tertinggi Buat Pilgub Jabar

Popularitas dan Elektabilitas Deddy Mizwar Tertinggi Buat Pilgub Jabar
Deddy Mizwar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) telah melakukan survei jajak pendapat masyarakat Jawa Barat (Jabar). Survei ini untuk menilai opini masyarakat terkait Pilgub Jabar 2018 terhadap tingkat popularitas, akseptabilitas, kapabilitas dan elektabilitas para tokoh nasional dan Jabar yang berpotensi untuk dipilih.

Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono menjelaskan, dari hasil survei yang dilakukan, diketahui nama Deddy Mizwar menempati posisi teratas. “Dari sisi popularitas, Deddy Mizwar memiliki popularitas tertinggi dibanding figur yang lain dengan 93,7 persen,” kata Arifin, Minggu (18/6).

Di posisi berikutnya ada ustaz Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, yang meraih 89,4 persen, anggota DPR Fraksi PDI Prrjuangan Rieke Diah Pitaloka 89,3 persen. Kemudian, Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf 78,2 persen, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil 51,2 persen.

Berikutnya ada nama Dedi Mulyadi 51,1 persen, Mochamad Sohibul Iman 46,2 persen, Netty Prasetyani 42,1 persen, Agung Suryamal 20,1 persen, TB Hasanudin 23,2 persen Mulyadi 10,3 persen. “Untuk tingkat elektabilitas , Deddy Mizwar adalah yang teratas dengan 34,5 persen, Rieke Diah Pitaloka 17,2 persen disusul Dede Yusuf 10,2 persen, Ridwan Kamil 7,9 persen,” ujar dia.

Kemudian, ada nama Dedi Mulyadi 7,1 persen, Mochamad Sohibul Iman 4,4 persen, Netty Prasetyani 3,7 persen. Kemudian Agung Suryamal 2.5 persen, Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym 2,2 persen, TB Hasanuddin 2,4 persen, Mulyadi 1,7 persen. “Sedangkan yang belum memberikan pilihan 6,2 persen,” ujarnya.

Survei dilakukan mulai 20 Mei sampai dengan 30 Mei 2017 dengan jumlah responden sebanyak 1816 dari total jumlah daftar pemilih tetap Jabar pada pemilihan presiden (pilpres) 2014 lalu yakni 33.045.082. Adapun tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,3 persen.

Pengamat politik sosial dari Institute Political and Social Nusantara Bin Firman Tresnadi mengatakan elektabilitas Deddy Mizwar tertinggi karena semua masyarakat pasti tahu dan mengenal sosok yang sering Muncul sebagai bintang iklan dan pemain film religi. Dia mengatakan, Deddy juga banyak disukai masyarakat. “Coba tanya saja siapa tidak kenal si Naga Bonar dan Bang Jack. Begitu juga sikap dan kinerja Deddy Mizwar selama menjadi wakil gubenur cukup baik dan bisa bekerja sama dengan gubenurnya serta dekat dengan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Firman menambahkan, Rieke sebenarnya juga punya modal popularitas serta sepak terjang selama menjadi anggota DPR. “Nah, Kalau Ridwan Kamil yang kenal paling orang Bandung saja dan kinerjanya selama jadi wali kota biasa-biasa saja di mana Kota Bandung macet dan sering banjir,” paparnya.

Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) telah melakukan survei jajak pendapat masyarakat Jawa Barat (Jabar). Survei ini untuk menilai opini masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News