PPDB Sudah Berakhir, 21 Siswa Lulusan SMP Belum Dapat SMA Negeri

PPDB Sudah Berakhir, 21 Siswa Lulusan SMP Belum Dapat SMA Negeri
Pendaftaran siswa baru. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, TARAKAN - Masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018 sudah berakhir dua pekan lalu, dan proses belajar-mengajar pun sudah mulai aktif pekan lalu.

Namun, hingga saat ini persoalan PPDB masih saja menyisahkan persoalan. Diketahui sebanyak 21 anak lulusan SMP di Juata Kerikil tidak bersekolah karena tidak diterima di sekolah negeri pilihan mereka, tepatnya di SMAN 3 Tarakan, Kaltara.

Para orang tua menuntut agar anak-anak mereka bisa bersekolah di SMAN 3 ini, karena berasal dari lingkungan sekitar sekolah.

Mereka menolak jika harus menempuh pendidikan di sekolah swasta, mengingat tidak ada sekolah swasta yang terdekat dari lingkungan mereka.

Nugraha Putra yang merupakan salah satu orang tua dari 21 anak ini mengusulkan agar pemerintah membuka satu lagi ruang belajar untuk 21 anak ini.

Adapun untuk masalah gedung dan juga guru yang terbatas, pihaknya sendiri akan melakukan swadaya, asal dapat diterima di SMAN 3 Tarakan ini.

Usulan Nugraha ini berangkat dari keluhan mereka yang mempertanyakan kuota dari jalur zonasi yang berubah.

Dari awalnya sebanyak 208 siswa yang akan diterima, namun kenyataannya hanya 185 siswa yang diterima. Sedangkan jalur Gakin dari kuotanya untuk 52 siswa, ternyata yang diterima yakni 90 lebih siswa.

Masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018 sudah berakhir dua pekan lalu, dan proses belajar-mengajar pun sudah mulai aktif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News