Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono Rasis dan Memecah Belah

Prabowo Sebut Pernyataan Hendropriyono Rasis dan Memecah Belah
Prabowo Subianto pamer jari usai mencoblos. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden Prabowo Subianto menilai pernyataan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono yang menyebut-nyebut WNI keturunan Arab, rasis dan berpotensi memecah belah masyarakat.

“Kami melihat bahwa pernyataan tersebut bersifat rasis dan berpotensi mengadu domba dan memecah belah antar anak bangsa,” ujar Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu, (8/5).

Prabowo mengatakan, pernyataan yang menyinggung ras sejatinya tak perlu disampaikan di tengah upaya seluruh elemen bangsa menjaga kondusivitas setelah pelaksanan pemilu. Terlebih, pernyataan itu keluar dari tokoh yang dekat dengan lingkaran kekuasaan.

“Ini lebih memprihatinkan karena juga terdapat nada ancaman. Kami lihat bahwa ini dilakukan oleh seorang yang dekat dengan lingkaran kekuasaan saat ini. Untuk itu kami menyatakan keprihatinan,” ucapnya.

BACA JUGA: Prabowo Minta Dilakukan Visum kepada Petugas Meninggal Selama Pemilu 2019

Meski demikian, Prabowo tetap berbaik sangka. Ia meyakini, pernyataan yang disampaikan Hendropriyono tak lebih dari sebuah kehilafan.

“Kami menyampaikan pandangan kami karena kami yang sering disudutkan dengan dituduh bahwa kami membela suatu aliran Islam yang garis keras, bahwa kami membela HTI dan sebagainya. Dari tuduhan-tuduhan ini kami anggap sebagai upaya yang tidak menguntungkan. Kami ingin suasana kondusif, sejuk,” katanya.

Prabowo kemudian meminta semua pihak menahan diri dan tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan provokatif serta tetap sejuk dalam mengawal hasil Pemilu 2019.

Calon presiden Prabowo Subianto menilai pernyataan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono yang menyebut-nyebut WNI keturunan Arab, rasis dan berpotensi memecah belah masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News