Praja IPDN Diminta Ikut Awasi Dana Desa

Praja IPDN Diminta Ikut Awasi Dana Desa
Uang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo mengajak praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ikut mengawal penggunaan dana desa.

Sehingga penggunaan dana desa dapat lebih maksimal meningkatkan perekonomian desa.

"Tadi saya minta bantuan mereka (praja IPDN,red) untuk mengawal dana desa. Supaya pelibatan masyarakat semakin terlibat dalam mengawasi penyelewengan dana desa oleh oknum aparat desa," ujar Eko usai memberi kuliah umum di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (18/1).

Menteri yang berasal dari Partai Kebangsaan (PKB) ini menyampaikan harapannya, mengingat praja IPDN merupakan calon pamong praja yang bakal bertugas di daerah-daerah nantinya.

Eko juga menyatakan, ‎‎untuk mengawasi penggunaan dana desa, pihaknya telah membentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Kemudian juga membuka hotline centre, agar masyarakat dapat menyampaikan keluhan.

‎"Dalam proses (pengawasan penggunaan dana desa,red), kami enggak berhak melakukan penyelidikan. Karena itu pada program saber pungli dana desa, melibatkan kepolisian, kejaksaan dan KPK. Supaya ada kasus atau laporan masyarakat bisa ditindaklanjuti lebih cepat," ucap Eko.(gir/jpnn)


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo mengajak praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News