Prajurit Lantamal V Sigap Padamkan Api

Prajurit Lantamal V Sigap Padamkan Api
Prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V siap dan sigap padamkan api saat latihan pemadaman kebakaran di Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir dan Biologi Kimia (Puspeknubika) Kodiklatal, Surabaya, Rabu (8/2). FOTO: Dok. Lantamal V

jpnn.com - jpnn.com - Pada hari terakhir latihan penanggulangan kebakaran, Prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V siap dan sigap padamkan api. Latihan ini berlangsung di Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir dan Biologi Kimia (Puspeknubika) Kodiklatal, Surabaya, Rabu (8/2).

Dalam latihan puncak yang digelar sekitar pukul 10.00 WIB tersebut, disimulasikan kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Tidak sampai hitungan jam api segera membesar dan hampir melalap seluruh bagian gudang di Puspeknubika Kodiklatal. Namun dengan komando yang terorganisir baik, prajurit Lantamal V dapat segera memadamkan si jago merah tanpa mengalami kerugian personel.

Latihan ini berlangsung selama tiga hari, 6-8 Februari 2017. Sebanyak 100 personel militer Lantamal V mengikuti pelatihan Pemadam Kebakaran di Puspeknubika, Kodiklatal.
Para peserta mendapatkan materi pelatihan berupa teori dan praktik, dalam menanggulangi kebakaran tanpa harus mengandalkan petugas pemadam kebakaran.

Sementara itu beragam materi yang diberikan oleh para instruktur profesional dari Puspeknubika antara lain Self Containt Breathing Aparatus (SCBA), yaitu cara mengevakuasi korban kebakaran dalam ruangan gelap, penggunaan alat pemadam api ringan (Apar) yaitu teknik penggunaan tabung CO2, Dry pooder dan Bonpet dalam menanggulangi kebakaran kecil dalam suatu ruangan.

Materi selanjutnya sebagai materi pamungkas adalah prosedur penanggulangan kebakaran besar di luar ruangan. Pada materi tersebut, instruktur memberikan kesempatan kepada setiap regu untuk latihan kering terlebih dahulu usai menerima penjelasan tentang cara menggunakan alat pemadam kebakaran yang terdiri dari selang air, hydrant, nosel dan CO2.
Secara bergiliran masing-masing regu memperagakan pemadaman api yang sudah disiapkan pelatih Puspeknubika.

Rata-rata setiap regu mampu mengendalikan kobaran api sampai dengan memadamkannya tanpa ada kerugian berarti. Menanggapi hasil latihan tersebut, Pasops Denma Lantamal V Mayor Laut (P) Andik Putro W menyatakan cukup puas dengan keberhasilan para peserta dalam menyerap teori pelatihan hingga mampu mempraktikkannya dengan baik.

“Saya berharap semua materi yang telah diperoleh selama pelatihan bisa dimanfaatkan di satker masing-masing oleh para peserta, setidaknya diinformasikan kembali kepada rekan-rekan di satker yang tidak mengikuti pelatihan," pungkas Andik -sapaan akrab Pasops Lantamal V ini.(fri/jpnn)


Pada hari terakhir latihan penanggulangan kebakaran, Prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V siap dan sigap padamkan api. Latihan ini


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News