Prakarsai Pacific Expo demi Perkuat Posisi Indonesia sebagai Bagian Pasifik

Prakarsai Pacific Expo demi Perkuat Posisi Indonesia sebagai Bagian Pasifik
Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga Tantowi Yahya saat berdiskusi di sela-sela Working Lunch Pacific Expo 2019 di Wellington, Selasa (26/3). Foto: KBRI Wellington

jpnn.com, WELLINGTON - Indonesia berupaya menguatkan posisinya sebagai bagian dari Pasifik. Rencananya, Indonesia akan menggelar Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru pada 12-14 Juli mendatang.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga Tanowi Yahya mengatakan, Indonesia memiliki lima provinsi yang menjadi bagian dari Pasifik. Kelima provinsi itu adalah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dari sisi sosial dan budaya, lebih dari separuh komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia ada di Indonesia. Berdasar dukungan data dan fakta ini, saya katakan dengan bangga bahwa Indonesia adalah bagian tak terpisahkan dari Pasifik, bagian dari komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia,” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington ke JPNN.

Tantowi mengatakan, dirinya pada Selasa lalu (26/3) menjelaskan hal serupa kepada para akademisi, pengusaha serta perwakilan pemerintah Selandia Baru dan negara-negara lain di Pasifik. Ambasador berlatar belakang entertainer itu menambahkan, Indonesia sebagai bagian dari middle income group countries dan anggota G20 berupaya memberikan kontribusi lebih bagi kawasan Pasifik.

Baca juga:

Jurus Tantowi Yahya Menebar Pesan lewat Keceriaan Akhir Pekan

Pujian Tantowi untuk Empati PM Jacinda bagi Umat Islam Pascateror Masjid

Karena itu Indonesia menginisiasi Pacific Exposition 2019 yang akan diikuti 19 negara Pasifik Selatan. Menurut Tantowi, Pacific Exposition 2019 merupakan prakarsa Indonesia yang kemudian diadopsi menjadi program bersama dalam kerangka trilateral cooperation yang melibatkan Australia dan Selandia Baru.

Indonesia berupaya menguatkan posisinya sebagai bagian dari Pasifik dengan menggelar Pacific Exposition 2019 yang akan diikuti 19 negara di Pasifik Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News