Pramono: Sistem Banggar Perlu Diperbaiki

Pramono: Sistem Banggar Perlu Diperbaiki
Pramono: Sistem Banggar Perlu Diperbaiki
JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, menegaskan, pergantian personil Badan Anggaran (Banggar) DPR, tidak akan membawa perubahan signifikan apabila tidak ada perbaikan sistem dalam tubuh alat kelengkapan dewan tersebut. Hal itu dikatakan Pramono, Kamis (2/8) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, menanggapi pergantian Ketua Banggar dari Melchias Markus Mekeng ke Ahmadi Noor Supit.

"Ini kan tidak bicara perorangan. Mengenai pergantian personil Banggar dengan siapapun, menurut saya tidak ada perubahan signifikan kalau kemudian tidak ada perbaikan sistem di dalam Banggar sendiri," katanya.

Bekas Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, itu mengaku lebih percaya jika di Banggar itu tetap harus ada yang mengontrol di internal DPR sendiri. "Nah keseimbangan dulu itu kan dilakukan dengan komisi dimana seluruh materi itu harus mendapat persetujuan di komisi baru dibawa ke Banggar," katanya.

Tetapi, tegasnya yang sekarang ini tidak. Komisi akhirnya mengikuti Banggar karena memang kewenangan awal ada pada pemerintah. "Praktis 95 persen pemerintah ketika masuk ke DPR terutama Banggar tinggal tambah atau kurang saja, tetapi tidak merubah secara keseluruhan," jelasnya.

JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, menegaskan, pergantian personil Badan Anggaran (Banggar) DPR, tidak akan membawa perubahan signifikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News