Prediksi Dede Yusuf: Pilgub Jabar Bakal Seseru DKI

Prediksi Dede Yusuf: Pilgub Jabar Bakal Seseru DKI
Politikus Partai Demokrat (PD) Yusuf Macan Effendi alias Dede Yusuf. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Demokrat (PD) Yusuf Macan Effendi memprediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 akan ramai seperti di Pilkada DKI Jakarta 2017. Salah satunya penyebabnya karena partai pengusung calon gubernur-dan wakil gubernur Jabar akan terfragmentasi seperti halnya pada pilkada Jakarta.

"Kalau berkaca dengan ramainya pilkada DKI, ramai-ramainya akan bergeser ke Jabar, karena koalisinya kurang lebih sama," kata Dede di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/4).

Hanya saja, mantan wakil gubernur Jabar itu mengaku belum mengetahui partai mana saja yang sudah memutuskan berkoalisi. Dalam pengamatannya, Partai Gerindra sangat berpeluang akan menggandeng Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Saya tidak tahu PDIP koalisi dengan siapa, tapi kalau PKS kan katanya sudah (koalisi) dengan Gerindra," ujar politikus yang lebih beken disapa dengan panggilan Dede Yusuf itu.

Khusus PD, kata Dede, partainya tak bisa mengusung calon tanpa berkoalisi. Merujuk pada jumlah kepemilikan kursi di DPRD Provinsi Jabar, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu memang tak memenuhi syarat untuk sendirian mengusung pasangan calon di Pilgub Jabar 2018.

"Demokrat hanya sebelas atau 12 kursi, masih butuh delapan atau sembilan kursi. Kalau mau maju harus koalisi," katanya seraya menambahkan, PD Jabar pasti sudah menjalin komunikasi dengan partai lain.(boy/jpnn)


Politikus Partai Demokrat (PD) Yusuf Macan Effendi memprediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 akan ramai seperti di Pilkada DKI


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News