Prediksi, Macet Parah 2017 Bukan di Semarang tapi...

Prediksi, Macet Parah 2017 Bukan di Semarang tapi...
Kemacetan pada musim mudik lebaran 2016. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - PEKALONGAN –  Diprediksi, kemacetan parah yang terjadi pada saat arus mudik tahun ini yang terjadi di exit tol Brebes Timur (Brexit), tahun depan akan berpindah ke Pekalongan. Hal ini seiring dengan perkiraan telah jadinya jalur tol dari Brebes sampai Pemalang.

Demikian disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono di Pekalongan, kemarin. "Diperkirakan tahun depan jalan tol dari arah Brebes sudah sampai Pemalang. Sehingga diprediksi, akan terjadi penumpukan kendaraan di Kota Pekalongan," katanya.

Sehingga, pihaknya mengharapkan jajaran kepolisian setempat, mulai dari Polres Pemalang, Polres Pekalongan, Polres Pekalongan Kota hingga Polres Batang bersama instansi terkait mulai menginventarisir permasalahan yang akan dihadapi itu jauh-jauh hari. 

"Inventarisir apa saja yang bisa diperbaiki di tahun 2017, bersama Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, maupun pengelola jalan tol nantinya. Sebab nanti trobelnya di Pekalongan Kota," tandasnya.

Kekhawatiran terjadinya kemacetan parah saat arus mudik maupun balik pada lebaran tahun depan ini juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan (Dishubparbud) Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo.

Dia menyampaikan, kemacetan arus mudik dan balik, terlebih bersamaan dengan kalender akademik libur sekolah, menambah beban jalan di Kota Pekalongan.

Antisipasi khususnya saat arus balik, imbuh Doyo, juga dibutuhkan adanya komitmen daerah tetangga.

"Karena terutama saat arus balik, kita tergantung daerah tetangga. Diharapkan kalau sudah komitmen semisal tidak membuat u-turn yang tidak sesuai dengan komitmen awal, karena bisa menyebabkan kemacetan," ungkapnya.

PEKALONGAN –  Diprediksi, kemacetan parah yang terjadi pada saat arus mudik tahun ini yang terjadi di exit tol Brebes Timur (Brexit),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News