Preview Kualifikasi Euro 2020: Belgia vs Rusia

Preview Kualifikasi Euro 2020: Belgia vs Rusia
Pelatih Belgia Roberto Martinez (tengah) memimpin anak-anak asuhnya latihan. Foto: AFP

jpnn.com, BRUSSELS - Belgia mendapat kesempatan memulihkan nama besarnya, saat menjamu Rusia dalam matchday pertama Grup I kualifikasi Euro 2020 di Stadion King Baudoin, Brussels, Jumat (22/3) dini hari nanti.

Sebelumnya, kekuatan Belgia sebagai peringkat ketiga Piala Dunia 2018 di Rusia sama sekali tak berbekas saat takluk 2-5 oleh Swiss (19/11) di UEFA Nations League A. Dijebol lima gol dalam satu laga menjadi rekor terburuk De Rode Duivels dalam 34 tahun belakangan. Terakhir kali Belgia dipermalukan dengan lima gol terjadi di Euro 1984 saat bertemu Prancis di fase grup.

Bek Belgia Toby Alderweireld kepada Het Laatste Nieuws (HLN) kemarin (20/3) mengatakan pertandingan lawan Rusia di kandang adalah momentum pas untuk bangkit. Dibobol lima gol oleh Swiss bukan hanya bermakna kekalahan terbesar dalam tiga dekade. Melainkan juga kehilangan kesempatan meraih tiket play-off Euro 2020.

“Kami sudah siap bertemu Rusia dan mereka sama sekali tak bisa diremehkan setelah penampilan apik di Piala Dunia lalu. Rusia mencapai perempat final dengan mengalahkan Spanyol,” tutur Alderweireld.

Pemain belakang Tottenham Hotspur itu berkata kekalahan dengan lima gol atas Swiss masih meninggalkan trauma. Meski masih terekam jelas di pikiran mereka, Alderweireld meminta kawan-kawannya melupakan kekalahan tersebut. “Kami lebih solid saat ini dan bertekad meraih hasil bagus. Trauma kekalahan ini harus kami balikkan situasinya,” ucap Alderweireld.

Kalau menilik rekor pertemuan kedua negara yang sudah terjadi sepuluh kali di semua ajang, Belgia dan Rusia bersaingan ketat. Belgia dan Rusia masing-masing menang empat kali dan seri dua kali. Pada pertemuan terakhir di ajang ujicoba internasional, Rusia menahan imbang Belgia 3-3 (29/3).

Akan tetapi menuju matchday pembuka grup I ini Belgia kehilangan Romelu Lukaku. Setelah menjadi pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) di Brussels cedera kaki Lukaku cukup lumayan. Big Rom akan absen ketika Belgia bertemu Rusia (22/3) dan Siprus (25/3).

Voetbal Primeur menuliskan sebagai substitusi Lukaku di posisi penyerang tengah, ada beberapa nama. Mulai Michy Batshuayi, Dries Mertens, Divock Origi, dan Christian Benteke. Dan diantara nama-nama itu wide attcaker Mertens memiliki kans terbesar sebagai penyerang tengah.

Belgia menjamu Rusia dalam matchday pertama kualifikasi Euro 2020 di Stadion King Baudoin, Brussels, Jumat (22/3) dini hari WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News