Produsen Mobil Lokal Vietnam Bangun Industri Mobil Listrik, Indonesia Mana Suaranya?

Produsen Mobil Lokal Vietnam Bangun Industri Mobil Listrik, Indonesia Mana Suaranya?
Ilustrasi mobil VinFast. Foto: VinFast

jpnn.com, HANOI - Baru saja tahun lalu merilis mobil penumpang pertama, produsen mobil asal Vietnam, VinFast, sudah menyiapkan langkah maju untuk mengembangkan mobil bertenaga listrik.

Merealisasikan itu, VinFast - perusahaan otomotif lokal pertama ini menggandeng perusahaan teknologi Korea Selatan, LG Chem, mendirikan perusahaan patungan untuk memproduksi baterai khusus skuter dan mobil listrik, lansir Reuters, Selasa (9/4).

BACA JUGA: Mobil Vietnam Pertama Bakal Ada Rasa BMW

Baca Juga:

Kemitraan tersebut juga termasuk pembangunan pabrik bersama di Hai Phong, Vietnam Utara. Vingroup JSc sebagai perusahaan induk VinFast menggelontorkan dana USD 3,5 miliar dalam proyek ini.

"Dengan tujuan memproduksi paket baterai lithium-ion untuk skuter listrik dan mobil listrik VinFast yang akan diproduksi masa depan," kata LG Chem, dalam keterangan resmi.

VinFast sendiri sudah mematok rencana jangka panjang dengan bisa memproduksi 250 ribu unit mobil per tahun.

Target VinFast dan LG memang cukup ambisius, selain ingin menghasilkan kendaraan-kendaraan premium juga sekaligus menjadi pemasok komponen baterai lithium-ion global.

Keseluruhan rencana VinFast tersebut patut diacungi jempol, pasalnya perusahaan itu baru berdiri setahun lebih atau tepatnya Juni 2017 lalu. Indonesia mana suaranya? (mg8/jpnn)


Baru saja tahun lalu merilis mobil penumpang pertama, produsen mobil asal Vietnam, VinFast, sudah menyiapkan langkah maju untuk mengembangkan mobil bertenaga listrik.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News