Program Magang Kemenkop UKM 2017 Dorong 500 Wirausaha Muda

Program Magang Kemenkop UKM 2017 Dorong 500 Wirausaha Muda
Program Magang Kemenkop UKM 2017 Cetak 500 Wirausaha Muda. Foto: Kemenkop for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM kembali melanjutkan program peran serta dunia usaha dalam kegiatan magang bagi pemuda. Melalui kegiatan ini peserta akan mendapat pengalaman langsung sebagai wirausahawan.

Nantinya, para peserta diharapkan menjadi wirausaha muda yang mandiri atau menjadi mitra usaha di tempat mereka magang.

Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM Hariyanto mengatakan, program yang digagas pemerintah melalui Kemenkop UKM ini bertujuan untuk menularkan mental, jiwa, dan semangat berwirausaha kepada pemuda.

Yakni melalui pemberian pemahaman dan pengalaman praktik-praktik wirausaha pada dunia usaha, khususnya UKM.

Dengan begitu, diharapkan dapat tercipta wirausaha muda yang memiliki kompetensi baik.

“Program magang dilaksanakan dengan dasar hukum UU Nomor 20 Tahun 2008 pasal 19 ayat 1 yakni dalam rangka memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan, meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial, serta membentuk dan mengembangkan lembaga pendidikan dan pelatihan. Intinya, kegiatan ini untuk melakukan pendidikan, pelatihan, penyuluhan, motivasi, dan kreativitas bisnis, dan penciptaan wirausaha baru,’’ ujar Hariyanto.

"Peserta yang berhak mengikuti program magang ialah peserta yang dijaring oleh panitia seleksi dengan kriteria. Di antaranya pria dan wanita berumur 17-30 tahun, minimum SMA sederajat, dan lolos seleksi serta bersedia mengikuti tata cara magang yang berlaku,” lanjut Hariyanto.

"Program magang yang berjalan berhasil merekrut sebanyak 100 peserta dan 20 UKM, yang mana setiap satu UKM menampung peserta magang sebanyak lima orang,” ungkap Hariyanto.

Kementerian Koperasi dan UKM kembali melanjutkan program peran serta dunia usaha dalam kegiatan magang bagi pemuda. Melalui kegiatan ini peserta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News