Promosikan Danau Toba, Kemendikbud Boyong 40 Musisi Spanyol

Promosikan Danau Toba, Kemendikbud Boyong 40 Musisi Spanyol
Danau Toba. Ilustrasi Foto: Metro Siantar/dok.JPNN.com

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Semangat Indonesia Incorporated terus digaungkan. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan tiga Kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) mendatangkan 40 musisi Orkestra Vincolus asal Spanyol untuk mempromosikan Danau Toba yang menjadi 10 Destinasi Prioritas yang telah ditetapkan presiden Joko Widodo.

Kunjungan budaya dan tur musikal kelompok Vinculos di Indonesia kali ini akan mengusung tema Unidad en la diversidad atau dalam bahasa Indonesia berarti “Bhinneka Tunggal Ika”.

Nantinya kelompok Vinculos akan melakukan kunjungan budaya dan tur musical di Danau Toba mulai tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2017 mendatang.

Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menjelaskan, jika kegiatan ini menjadi ‘angin segar’ dan pendorong bagi kemajuan dunia kepariwisataan kawasan Danau Toba di masa yang akan datang.

“Event ini sebagai sarana untuk mempromosikan potensi kepariwisataan. Keterlibatan pemerintahan di tingkat provinsi dan kabupaten dalam menunjang kegiatan ini, memperlihatkan satu usaha yang positif. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan nantinya,” ucap Hilmar di Jakarta, Jumat, (21/7).

Dirinya menjelaskan event yang didukung tiga kabupaten di Sumut ini yakni Kab. Tobasa (kota Balige dan Laguboti) Kab. Humbahas (desa Bakkara) dan Kab. Samosir (desa Sianjur Mula-mula, Lumban Suhi-Suhi dan Sigulati) ini sengaja dirancang dengan tema ‘Super Volcano’.

“Tema ini diusung agar Taman Bumi Kaldera yang menjadi ikon kawasan Danau Toba bisa memberi nilai lebih. Khusunya untuk kunjungan grup musik Vinculos di Tanah Batak,” ucapnya.

Seperti diketahui, Vinculos merupakan sebuah inisiatif dari Siero Chamber Orchestra (OCAS) Spanyol yang mengampanyekan integrasi sosial dan budaya melalui musik.

Semangat Indonesia Incorporated terus digaungkan. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan tiga Kabupaten di Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News