PTN Berpotensi Terbitkan Rekening Liar

PTN Berpotensi Terbitkan Rekening Liar
PTN Berpotensi Terbitkan Rekening Liar
JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menyatakan, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk di dalam satuan kerja Kemdiknas, sangat berpotensi menerbitkan rekening yang tidak terdaftar (non register) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), alias rekening liar.

Sekretaris Jenderal Kemdiknas, Dodi Nandika menjelaskan, di Kemdiknas ada sebanyak 200 satuan kerja yang masing-masing satuan kerja dapat mengajukan lebih dari lima buah rekening. Satuan kerja yang paling besar dan paling banyak melakukan permohonan pembukaan rekening adalah PTN.

“Ini yang harus dicermati apa landasan dan tujuan untuk dibukanya rekening tersebut. Pasalnya, jika Kemdiknas tidak mengawal ketat penerbitan rekening baru ini maka tentunya akan mengganggu kinerja keuangan atau anggaran Kemdiknas sendiri,” ungkapnya kepada JPNN di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (19/10).

Dodi mengatakan, hingga saat ini banyak sekali PTN yang sudah melakukan permohonan pembukaan rekening kepada Kemdiknas. Alasan yang diakukan pihak PTN, antara lain untuk panitia penerimaan mahasiswa baru, untuk dana operasional kampus, untuk kerjasama dengan pihak asing maupun dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda), untuk pelaksanaan riset dan bahkan untuk menampung dana pembayaran SPP mahasiswa. “Pengawasan pengajuan pembukaan rekening ini benar-benar ditingkatkan. Pasalnya, hampir setiap tahun kami menemukan adanya puluhan rekening baru yang tidak jelas,” tukasnya.

JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menyatakan, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk di dalam satuan kerja Kemdiknas, sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News