PTS Berakreditasi A di Jakarta Ternyata Hanya Sebegini

PTS Berakreditasi A di Jakarta Ternyata Hanya Sebegini
Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan di Jakarta, Kamis (28/9). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan perguruan tinggi swasta (PTS) berakreditasi masih di bawah alias berada pada predikat B dan C. Terbukti baru sembilan PTS di Jakarta yang sudah mendapatkan akreditasi A. Di antaranya Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanagara, Universitas Mercu Buana, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Universitas Gunadarma, dan lainnya.

Dari sembilan PTS ini, Untar yang baru dua hari lalu mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Perguruan Tinggi). PTS ini sukses meningkatkan akreditasinya dari B ke A dalam kurun waktu satu tahun.

“Ini prestasi besar bagi Untar setelah setahun berjuang untuk memenuhi kualifikasi standardisasi yang ditetapkan BAN PT," kata Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan di Jakarta, Kamis (28/9).

Untuk meraih akreditasi A, menurut Prof Agustinus, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya menjalankan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selama ini banyak PT yang hanya fokus pada proses pembelajaran serta melupakan tri dharma kedua dan tiga.

"PTS yang ingin mendapatkan akreditasi A harus memenuhi tujuh standar yang ditetapkan BAN PT. Salah satunya standar pengajar di PT yaitu 45 persen pengajar bergelar doktor dan 10 persen guru besar atau profesor. Selain itu standar publikasi jurnal internasional maupun nasional, standar mutu dosen yang minimal S2,” ucap guru besar Fakultas Teknik ini.

Dengan predikat A ini, lanjut Prof Agustinus, akan meningkatkan reputasi Untar yang dikenal banyak mencetak entrepreneur muda karena sistem pendidikannya berbasis kewirausahaan. "Reputasi kami memang akan meningkat tapi lima tahun lagi penilaian BAN PT akan lebih sulit lagi. Sebab, PT yang sudah meraih akreditasi A akan terus dipantau," tuturnya.(esy/jpnn)


Ratusan perguruan tinggi swasta (PTS) berakreditasi masih di bawah alias berada pada predikat B dan C.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News