Puan Maharani Buka Pesta Kesenian Bali 2017

Puan Maharani Buka Pesta Kesenian Bali 2017
Menko PMK Puan Maharani membuka Pesta Kesenian Bali 2017. Foto: Kemenko PMK for JPNN.com

jpnn.com, BALI - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, seni dan budaya merupakan salah satu instrumen untuk mengharmonisasikan seluruh sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurut Mbak Puan, seni dan budaya merupakan salah satu pilar di dalam membangun kepribadian bangsa yang ber-bhinneka tunggal ika, memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Dengan semangat cinta seni budaya, mari perteguh jiwa bhinneka tunggal ika dalam berbangsa dan bernegara,” kata Menko Puan dalam sambutannya saat membuka Pesta Kesenian Bali yang ke-39 tahun 2017 di Arena Panggung Taman Terbuka Ardha Chandra, Bali Art Center, Kota Denpasar, Bali, Sabtu (10/6) malam.

Acara ini juga dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Bali Made Mangku Pastika serta perwakilan negara sahabat. Tema yang diangkat tahun ini adalah 'Ulun Danu Melestarikan Air Sumber Kehidupan'.

Menko PMK berharap, dengan tema ini, Pesta Kesenian Bali ke-39 Tahun 2017 mampu menjadi refleksi kehidupan dalam rangka membangun kesadaran masyarakat terhadap arti pentingnya memuliakan serta menghargai air sebagai sumber kehidupan dan sumber peradaban dalam kehidupan manusia, yang akan diwujudkan dalam bentuk garapan seni tari dan tabuh.

“Pesta Kesenian Bali merupakan wahana unjuk ekspresi, kreativitas, dan inovasi sekaligus prestasi dari para seniman Bali, untuk ditampilkan tidak hanya kepada masyakat Bali, tetapi juga masyarakat dunia,” ucap Puan.

Untuk itu, diharapkan Pesta Kesenian Bali diharapkan dapat menjadi jendela komunikasi antarbudaya, sekaligus membangun peradaban dunia yang berbudaya.

“Saya berharap dengan adanya Pesta Kesenian Bali yang diselenggarakan tiap tahunnya ini, selain untuk memperteguh seni budaya Bali, juga dapat memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat Bali,” tambahnya.

Selain menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah, seniman, dan masyarakat Bali atas kerja sama serta gotong royongnya menyelenggarakan pesta seni budaya tahunan ini, Mbak Puan juga menyampaikan rasa bangganya terhadap seni budaya Bali yang sudah sangat mendunia yaitu tari barong ket, tari joged bumbung, tari legong keraton, drama tari wayang wong, drama tari gambuh, topeng sidhakarya, tari baris upacara, tari sanghyang dedari dan tari rejang. (adk/jpnn)


Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, seni dan budaya merupakan salah satu instrumen untuk mengharmonisasikan


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News