Puan Maharani dan Hasto Kristiyanto Lepas Pemudik dari Stasiun Pasar Senen

Puan Maharani dan Hasto Kristiyanto Lepas Pemudik dari Stasiun Pasar Senen
Menko PMK Puan Maharani berdialog dengan penumpang kereta yang akan mudik. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik (nonaktif), Puan Maharani melepas pemudik dari Stasiun Pasar Senen, Rabu (21/6). Mereka mudik menggunakan kereta api secara gratis ke kampung halamannya di Yogyakarta dan Solo.

Mudik gratis ini adalah kesatuan dari program Mudik Gratis Bersama PDI Perjuangan. Selain menyediakan mudik gratis dengan kereta api, PDI Perjuangan juga memprakarsai mudik gratis menggunakan bus. Mereka yang akan mudik gratis dengan bus akan diberangkatkan pada Kamis (22/6) pagi dari DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Di Stasiun Pasar Senen, turut mendampingi Puan melepas pemudik yakni Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wasekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga, Bendahara Fraksi PDI Perjuangan di DPR Alex Indra Lukman, Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan dari dapil DKI Jakarta Charles Honoris, dan beberapa anggota Fraksi PDI Perjuangan di antaranya Aria Bima, Risa Mariska, dan Falah Amru.

"Alhamdulillah pada kesempatan kali ini, tadi sudah dilepas enam gerbong berisi 480 pemudik tujuan Solo dan Yogyakarta dari PDI Perjuangan, yang mana kami harapkan bahwa semuanya ini berjalan dengan lancar sampai di tempat tujuan," kata Mbak Puan, di Stasiun Pasar Senen.

"Ini menjadi satu kesatuan dalam rangka pulang mudik yang diperkarsai oleh PDIP. Besok juga kami akan melepas pemudik melalui kendaraan bus, 6000 orang," tambah Puan.

Dia berharap lonjakan mudik lebaran ke depan terus meningkat yang menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api dan bus.

"Sekarang saja, di Stasiun Senen sini sudah 26 ribu pemudik ke kampung masing-masing dan paling banyak adalah dengan tujuan Surabaya dan Jateng. Jadi memang ternyata transportasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat," tukasnya.

Oleh karena itu, lanjut Puan, dalam pembicaraan dengan Dirut PT KAI dirinya berharap harus tetap dijaga dari sisi keamanan dan kenyamanan para pemudik. Puan yang juga sempat mengunjungi pos kesehatan di Stasiun Pasar Senen menyampakan, bagi para pemudik ibu hamil agar terlebih dahulu memeriksa kesehatannya. Jadi, mereka mudik sudah mendapatkan rekomendasi dari petugas kesehatan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik (nonaktif), Puan Maharani melepas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News