Publikasi Audit Investigasi LK AISA 2017 Dinilai Berlebihan

Publikasi Audit Investigasi LK AISA 2017 Dinilai Berlebihan
Logo PT Tiga Pilar Sejahtera Food (tps food). Foto: Source YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) dinilai berlebihan mengumumkan laporan audit investigasi LK 2017 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik terafiliasi Ernst & Young (EY).

“Laporan audit investigasi EY sebenarnya dokumen tersebut untuk keperluan internal perusahaan Tiga Pilar dan sebagai basis dalam menyelesaikan masalah. Jadi dokumen itu untuk keperluan internal emiten," kata Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Tarkosunaryo pada awak media di Jakarta, baru-baru ini.

Dia menilai seharusnya laporan tersebut tidak perlu dipublikasikan, karena pengumuman itu tidak menyelesaikan masalah.  Sebaiknya segera perbaiki laporan keuangan jika memang ada indikasi kesalahan penyajian.

“Kemudian undang auditor dan pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan laporan keuangan dan hal lain untuk menyelesaikan masalah. Laporan keuangan yg diperbaiki itulah yang diumumkan ke publik,” ujarnya.

Tarko juga menilai audit EY jelas tidak menyatakan opini keandalan informasi. Selain itu dalam dokumen audit investigasi EY banyak sekali yang perlu dipertanyakan.

Dia memelihat laporan yang diterbitkan EY tidak didasari oleh standar audit yang berlaku umum dan juga tidak mencakup prosedur audit investigasi yang seharusnya dilakukan dikarenakan keterbatasan informasi.

Terlebih lagi EY dalam laporannya menyatakan tidak melakukan verifikasi untuk meyakinkan bahwa informasi yang diterima sebagai dasar investigasi dapat dipercaya dan sebagaimana nyatanya, termasuk keaslian dan keabsahan.

Dalam hal ini, Tarkosunaryo mengatakan sebaiknya pihak manajemen segera membereskan masalah internal perusahaan.

Manajemen AISA dinilai berlebihan mengumumkan laporan audit investigasi LK 2017 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik terafiliasi Ernst & Young (EY).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News