Pulau Saronde, Surga Wisata Provinsi Gorontalo

Pulau Saronde, Surga Wisata Provinsi Gorontalo
Pulau Saronde. Foto: Radar Gorontalo

jpnn.com - GORONTALO - Pulau Saronde, menjadi destinasi wisata unggulan Provinsi Gorontalo.  Pulau ini adalah kawasan hopping island terpopuler di Gorontalo, yang terus dikembangkan fasilitasnya oleh pemerintah daerah setempat.

“Provinsi Gorontalo memiliki beberapa destinasi wisata mempesona, salah satunya Pulau Saronde ini. Festival Saronde yang digelar pada tanggal 1-4 September ini, sebagai salah satu sarana promosi bagi Provinsi Gorontalo khususnya Gorontalo Utara sebagai daerah destinasi wisata yang mempesona dan bisa diandalkan,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melalui keterangan pers, Senin (5/9).

Saronde, lanjut Rusli, adalah salah satu pulau eksotik yang luasnya hanya kurang lebih 1 kilometer saja. Terletak di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, pemandangan alamnya eksotik, dengan kolaborasi hamparan pasir putih dan air yang jernih menampilkan pemandangan bawah laut begitu indah. Menunjukkan pulau ini adalah surga wisatanya Provinsi Gorontalo.

Rusli Habibie menambahkan, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang terus ditingkatkan pembangunannya. Pada 2016 ini, dengan dukungan Kementerian Pariwisata, pariwisata di Provinsi Gorontalo ditingkatkan  melalui berbagai event pariwisata termasuk Pulau Saronde.

Rusli menambahkan, pada tahun 2016 ini Provinsi Gorontalo menyelenggarakan empat event yang berskala nasional yakni Festival Benteng Otanaha yang telah selesai di gelar, Festival Pesona Saronde yang sekarang sedang berlangsung, Festival Danau Limboto serta Festival Boalemo.

Saat ini infrastruktur di Provinsi Gorontalo khususnya untuk daerah destinasi wisata, terus ditingkatkan dan dibangun termasuk di Gorontalo Utara. Jika hal ini terus dilakukan maka dengan sendirinya jumlah wisatawan akan semakin banyak berdatangan dan mengunjungi Provinsi Gorontalo.

“Jika kita lihat perkembangan Pulau Saronde dari tahun ke tahun kita tingkatkan, fasilitasi dan sarana pendukung lainnya. Pemprov Gorontalo dan Pemkab Gorontalo Utara berharap peningkatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Gorontalo Utara. Juga lebih terkenal karena potensi pariwisata Pulau Saronde ini,”,”terangnya.

Sementara itu,  Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya menyatakan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berpartisipasi dalam pengembangan kegiatan kepariwisataan daerah. Tujuannya, meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan masyarakat di wilayah sekitar dengan masuknya para wisatawan lokal maupun mancanegara.

GORONTALO - Pulau Saronde, menjadi destinasi wisata unggulan Provinsi Gorontalo.  Pulau ini adalah kawasan hopping island terpopuler di Gorontalo,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News