Puluhan Unggas di Depok Mati Misterius

Puluhan Unggas di Depok Mati Misterius
Petugas DKP3 Kota Depok melakukan desinfeksi terhadap kandang unggas yang mati di Surau Qutubul Amin, Depok, Rabu (15/5/19). Foto: Radar Depok

jpnn.com, DEPOK - Puluhan ternak di Surau Qutubul Amin, Kelurahan Duren Seribu, Bojongsari, Kota Depok, mati secara mendadak. Secara estafet sejak 7 Mei hingga kemarin, tercatat sudah 39 ayam dan kalkun mati secara misterius.

Perawat Ternak Surau Qutubul Amin Ujang tidak mengetahui secara pasti penyebab unggas tersebut mengalami kematian, sehingga pihaknya memberikan laporan ke DKP3 Kota Depok.

“Sebanyak 54 unggas yang dipelihara di Surau Qutubul Amin,” ujar Ujang kepada Radar Depok, Rabu (15/5).

Ujang mengungkapkan, unggas yang paling banyak mengalami kematian yakni pada 9 Mei sebanyak 35 ekor. Atas kejadian tersebut, kandang unggas telah diperiksa DKP3 Kota Depok dengan pengambilan sampel. Termasuk pemberian desinfeksi untuk mencegah kembali kematian unggas.

BACA JUGA: Kementan Larang Pemasukan Unggas dan produknya dari Malaysia

Kepala DKP3 Kota Depok Diah Sadiah mengatakan, DKP3 mendapatkan laporan terkait banyaknya unggas yang mati, di Surau Qutubul Amin. Untuk mengetahui penyebab kematian unggas, petugas DKP3 Kota Depok telah mendatangi langsung lokasi kandang unggas yang mati.

“Catatan kami sebanyak 39 unggas mengalami kematian yang belum diketahui,” ujar Diah.

Untuk mengetahui penyebab kematian unggas tersebut, DKP3 telah mengambil sampel berupa Swab Kloaka dan Trachea. Nantinya, sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan.

Secara estafet sejak 7 Mei hingga kemarin, tercatat sudah 39 ayam dan kalkun mati secara misterius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News