Purwanto Mundur dari Komite Wasit PSSI, Apa Kiprahnya Selama Ini?

Purwanto Mundur dari Komite Wasit PSSI, Apa Kiprahnya Selama Ini?
Purwanto mengundurkan diri dari anggota Komite Wasit PSSI. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Purwanto, salah seorang anggota Komite Wasit PSSI, resmi menyatakan mengundurkan diri.

Purwanto menyatakan mengirimkan surat pengunduran diri kepada Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha pada 10 Juni lalu. ’’Ya, saya sudah resmi mundur,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Ditanya alasan mengundurkan diri dari Komite Wasit, Purwanto memilih merahasiakannya. Yang jelas, dia sudah tidak lagi mengurusi perwasitan di PSSI. Terutama masalah evaluasi kinerja wasit. ’’Semoga lebih baik ke depan,’’ harapnya.

Mundurnya Purwanto bisa jadi merupakan kehilangan bagi PSSI. Sebab, pria yang pernah menjadi salah seorang wasit terbaik nasional itu punya pengalaman banyak di bidang perwasitan.

Saat Edy Rahmayadi menjadi ketua umum PSSI, perannya sebagai evaluator wasit tak tergantikan.

BACA JUGA: Lorenzo jadi Tersangka Insiden di MotoGP Catalunya, Begini Ceritanya

Sejak kompetisi musim 2017 hingga beberapa pekan awal Liga 1 2019, Purwanto menjadi satu-satunya orang yang melakukan evaluasi kinerja wasit. Dia memiliki kewenangan untuk mengistirahatkan wasit yang dinilai berkualitas buruk.

Bahkan, pada awal musim Liga 1 2019, Purwanto adalah tokoh kunci dalam seleksi wasit. Dia juga punya peran dalam meningkatkan kualitas wasit yang memimpin kompetisi Liga Indonesia. ’’Tapi, saya tidak pernah punya peran menugaskan wasit lho ya, peran saya hanya evaluasi,’’ ucapnya.

Purwanto tidak mau menjelaskan alasan sikapnya yang resmi mengundurkan diri sebagai Komite Wasit PSSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News