Pemda Minta Pusat Ikut Tangani Warga Rohingnya di Aceh Timur

Pemda Minta Pusat Ikut Tangani Warga Rohingnya di Aceh Timur
Warga Rohingya beristirahat di musala Imigrasi Langsa, Rabu (5/12). Bahtiar Husin/Rakyat Aceh

jpnn.com, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh berharap pemerintah pusat ikut terlibat dalam penanganan warga Rohingnya, Myanmar, yang terdampar di Aceh Timur beberapa waktu lalu.

Apalagi kemampuan keuangan Aceh saat ini, terus berkurang akibat seringnya dilanda bencana.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait seringnya Rohingnya terdampar di Aceh.

"Kita telah berkoordinasi dengan imigrasi, Menko Polhukam, kementerian sosial sampai IOM yang tanda tangani surat bahkan pak gubernur," kata Alhudri, Rabu (5/12).

Dia menyebutkan pemerintah kabupaten mulai mengeluh penanganan Rohingnya, terkait sandang dan pangan. "Di Aceh sedang musibah, banjir dimana-mana. Jadi yang mana dulu kita urus," sebutnya.

Namun menurutnya, 20 warga Rohingnya yang berlabuh di Kuala Idi, Aceh Timur telah ditanggani pemerintah setempat. Dia memastikan saat ini, seluruhnya telah berada di Kantor Imigrasi Langsa.

"Kami juga berkoordinasi dengan pusat terkait penanganannya," kata Alhudri. (eno/mai)


Pemerintah Aceh berharap pemerintah pusat ikut terlibat dalam penanganan warga Rohingnya, Myanmar, yang terdampar di Aceh Timur beberapa waktu lalu.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News