Quraish Shihab: Idulfitri Harus jadi Momentum Memperkukuh Persatuan

Quraish Shihab: Idulfitri Harus jadi Momentum Memperkukuh Persatuan
Warga salat id di Istiqlal. Foto: Andrian Gilang/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Quraish Shihab menjadi khatib pada saat Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (25/6). Dalam khotbahnya, dia menyampaikan mengenai kesadaran tentang persatuan dan kesatuan.

"Itulah yang mengharuskan kita duduk bersama bermusyawarah demi kemaslahatan dan itulah makna Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan," kata Quraish.

Menurut Quraish, Idulfitri harus dijadikan sebagai momentum untuk membina dan memperkukuh ikatan kesatuan dan persatuan, menyatupadukan hubungan kasih sayang, serta hubungan sebangsa dan setanah air.

Kesadaran tentang kebersamaan merupakan salah satu sebab mengapa dalam rangkaian Idulfitri, setiap umat Muslim wajib menunaikan zakat fitrah. Hal itu merupakan simbol kepedulian sosial dan upaya kecil dalam menyebarkan keadilan sosial.

Dalam khotbahnya, Quraish mengajak, seluruh warga untuk mewujudkan perdamaian di Indonesia. "Kita saling memaafkan sambil mengibarkan bendera kedamaian di Tanah Air tercinta, bahkan di seluruh penjuru dunia," ucapnya.(gil/jpnn)


Quraish Shihab menjadi khatib pada saat Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (25/6). Dalam khotbahnya, dia menyampaikan mengenai kesadaran


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News