Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun

Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun
Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun. Foto Tabloid Nyata/JPNN.com

jpnn.com, KULON PROGO - Usia Mbah Suparni memang sudah melebihi satu abad, tepatnya 117 tahun. Namun siapa sangka, nenek dua anak, empat cucu, dan enam cicit ini masih terlihat kuat.

Walaupun aktivitasnya terbilang banyak, selama Tabloid Nyata (Jawa Pos Group) bertandang ke rumahnya di RT 34 RW 18, Pedukuhan Sadang, Kelurahan Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, tak terlihat Suparni makan besar.

Dia hanya mengonsumsi biskuit yang terlebih dahulu dicelupkan ke dalam teh hangat sebelum dimakan. Wajar, gigi Suparni hanya tinggal satu.

Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 TahunRahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Sampai Usia 117 Tahun. Foto Tabloid Nyata/JPNN.com

Suparni mengaku tidak pernah makan terlalu kenyang. "Makan itu merupakan keharusan, namun jangan berlebihan," kata Mbah Suparni kepada Tabloid Nyata.

Menurutnya, dengan makan tak terlalu kenyang menjadi salah satu rahasia yang membuat hidup lebih dari satu abad.

Gaya hidup seperti itu juga membuat Suparni tidak pernah terkena penyakit serius. Hanya sesekali sakit batuk yang biasa diobatinya dengan obat tradisional.

Suparni mengaku pantang meminum obat-obatan kimia. Ia meyakini jika obat-obatan tersebut dapat memberikan efek samping yang akan dibawanya hingga tua.

Usia Mbah Suparni memang sudah melebihi satu abad, tepatnya 117 tahun. Namun siapa sangka, nenek dua anak, empat cucu, dan enam cicit ini masih terlihat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News