Rahasia Mesin 4-Silinder Turbo Paling Ganas di Dunia Milik Mercedes AMG

Rahasia Mesin 4-Silinder Turbo Paling Ganas di Dunia Milik Mercedes AMG
Mesin 4-silinder 2.0L berkode M 139 diklaim paling ganas di dunia. Foto: Mercedes

jpnn.com - Divisi khusus Mercedes-AMG telah menyelesaikan produksi mesin 4-silinder paling bertenaga di dunia. Mesin dengan kode M139 ini memiliki kapasitas 2.0-liter berinduksi turbocharger.

Divisi khusus performa Daimler AG di Affalterbach itu mengklaim tenaga yang sanggup dihasilkan mencapai 416 Hp dan torsi 500 Nm.

BACA JUGA: Mercedes-AMG One Mulai Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

Bila dibandingkan dengan mesin pendahulunya M 133, terpaut unggul hingga 40 Hp dan torsinya juga melonjak menjadi 26 Nm.

Tetapi Mercedes-AMG menghadirkan mesin dengan dua pilihan yakni 416 hp dan versi jinak yakni 382 Hp dan torsinya hanya 480 Nm. Meskipun begitu, tenaga bawahnya cukup baik karena sudah tersedia sejak putaran mesin 5000-5250 rpm.

Insinyur di Mercedes-AMG terbilang sukses menghadirkan mesin kecil namun dengan kemampuan setara V8 non-turbo. Bahkan putaran mesin bisa digeber hingga 7.200 rpm, mengkonfirmasi M 139 twinscroll turbocharger sebagai mesin sports car.

Apa yang membuat mesin Mercedes-AMG M 139 begitu kuat mengerahkan performa berkat rancang bangun vertical axis 180 derajat. Berarti posisi turbocharger dan exhaust manifold diposisikan di belakang, terlihat di samping firewall bila melihatnya dari belakang.

Responsif dari roller bearing pada turbocharger juga ditingkatkan. Sehingga tetap optimal di putaran bawah dan tenaga besar saat putaran atas. Guna meladeni putarannya hingga 169.000 rpm. Tekanan turbo mencapai 2.1 bar (1.9 bar untuk versi dasar), tentunya memberikan performa yang presisi.

Divisi khusus Mercedes AMG telah menyelesaikan produksi mesin 4-silinder paling ganas di dunia. Mesin dengan kode M139 ini memiliki kapasitas 2.0-liter berinduksi turbocharger.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News