Raih 5 Khasiat Kesehatan dari Buah Naga dengan Perasan Jeruk Nipis

Raih 5 Khasiat Kesehatan dari Buah Naga dengan Perasan Jeruk Nipis
Buah naga. Foto: Dok JawaPos

jpnn.com - Buah naga diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah naga memiliki nilai gizi yang kaya dalam porsi 100 gram. Di antaranya kalori: 264 gram, protein: 3,57 gram, lemak: 0 gram, karbohidrat: 82,14 gram, serat makanan: 1,8 gram, gula (total): 82,14 gram, kalsium: 107 miligram, zat besi: 0 gram, sodium: 39 miligram, vitamin C: 6,4 miligram, dan kolesterol: 0 miligram.

Dilansir dari Medical News Today, makan daging buah naga secara menyeluruh, termasuk biji hitam kecil karena mengandung serat yang dapat menambah manfaat kesehatan. Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal untuk kesehatan, bisa ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Caranya, potong buah naga menjadi setengah memanjang. Jika diinginkan, potong buah sekali lagi menjadi empat bagian. Keluarkan kulit luarnya dan buang bagian merah muda yang tersisa dari buah. Lalu tambahkan perasan jeruk nipis di atas buah untuk menambah rasanya dan vitamin C yang terkandung.

Seseorang juga bisa membuat jus buah naga atau ke dalam hidangan makanan lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Tapi, untuk Anda yang sedang dalam pemgawasan dokter, lebih baik berkonsultasi terlebih dulu.

Antioksidan

Menurut sebuah penelitian di African Journal of Biotechnology, buah naga mengandung antioksidan betacyanins dan betaxanthins. Senyawa ini menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Kontrol Gula Darah

Efek dari mengonsumsi buah naga bisa ikut mengontrol glukosa darah. Ini karena buah naga mendorong pertumbuhan sel pankreas yang memproduksi insulin.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal untuk kesehatan, makan buah naga bisa ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News