Raih Medali Emas OSN, Masuk PTN Tanpa Tes

Raih Medali Emas OSN, Masuk PTN Tanpa Tes
Raih Medali Emas OSN, Masuk PTN Tanpa Tes
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya menggenjot kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sejak dini. Diantara caranya adalah, memberikan kompensasi bagi pemenang Olimpiade Sain Nasional (OSN) untuk langsung diterima di kampus negeri.

Mendikbud Mohammad Nuh usai membuka pagelaran OSN XI di Jakarta kemarin (3/9) menuturkan, penghargaan kepada pemenang atau peraih medali emas dalam OSN ini bisa berwujud langsung diterima di PTN atau juga beasiswa unggulan. "Saya sudah langsung koodinasikan dengan jajaran direktorat jenderal untuk memediasi para pemenang OSN," tutur mantan Menkominfo itu.

Nuh mengatakan, sejatinya program pemberian penghargaan kepada pemenang OSN, terutama yang jenjang SMA ini sudah berjalan lama. Tetapi, tidak jarang para pemenang tersebut tidak bisa mengklaim program penghargaan berupa masuk PTN tanpa tes. Selain diikuti siswa tingkat SMA, OSN ini juga diikuti siswa mulai jenjang SD, SMP, bahkan para guru.

Alasannya menurut Nuh adalah, bidang perlombaan yang dimenangi siswa tadi berbeda dengan jurusan yang diminatinya di PTN. "Jadi tidak klop. Seharusnya memang harus klop antara bidang perlombaan dengan jurusan di PTN," tutur Nuh.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya menggenjot kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sejak dini. Diantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News