Raja Salman Bikin PNS dan Militer Bersorak

Raja Salman Bikin PNS dan Militer Bersorak
Si Penjaga Dua Kota Suci, Salman bin Abdulaziz al-Saud. Foto: AFP

jpnn.com - Pegawai negeri sipil (PNS) dan personel militer Arab Saudi tengah bersukacita. Pasalnya, kesejahteraan mereka dipastikan meningkat setelah Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengeluarkan dekrit, Sabtu (22/4) lalu.

Salah satu isi dekrit itu adalah mengembalikan tunjangan yang dihapus sejak September 2016. Kala itu tunjangan dan bonus dihapus lantaran anggaran defisit gara-gara harga minyak anjlok. Gaji para menteri bahkan sampai dipotong 20 persen untuk penghematan besar-besaran.

”Perintah kerajaan mengembalikan semua tunjangan, keuntungan finansial, dan bonus kepada PNS dan anggota militer.” Demikian bunyi dekrit yang diunggah Ekhbariya TV, saluran televisi milik pemerintah Saudi. Para anggota militer yang ikut bertugas dalam operasi di Yaman bakal menerima tambahan dua kali gaji.

Menteri Dalam Negeri Saudi Mohammed Alsheikh mengungkapkan, usul pemberian tunjangan tersebut berasal dari Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan sekaligus Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Peretimbangannya, pada kuartal pertama tahun ini kondisi anggaran lebih baik daripada proyeksi sebelumnya.

Perekonomian Saudi memang membaik setelah harga minyak mulai naik. Gubernur Bank Sentral Saudi mengungkapkan, defisit perdagangan diperkirakan turun tahun ini.

Bahkan, ada kemungkinan surplus. Sedangkan Kementerian Perekonomian menegaskan, pada kuartal pertama tahun ini defisit anggaran berkurang lebih dari separo. Salah satu sebabnya adalah pengelolaan belanja pemerintah yang hati-hati.

”Kami yakin langkah ini akan mendorong sentimen positif karena permintaan domestik kembali pulih dengan adanya peningkatan pendapatan dari pegawai pemerintah,” tegas Alsheikh. (Reuters/BBC/sha/c10/oki)


Pegawai negeri sipil (PNS) dan personel militer Arab Saudi tengah bersukacita. Pasalnya, kesejahteraan mereka dipastikan meningkat setelah Raja Salman


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News