Rangkaian Pesta Bolon, Lomba Koreo Simbolon Martumba 2017

Rangkaian Pesta Bolon, Lomba Koreo Simbolon Martumba 2017
Lomba Koreo Simbolon Martumba 2017, di Gedung Theater Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pesta Bolon Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) ke III, sekaligus kongres ke III, akan digelar pada 3-9 Juli 2017 mendatang di Gelanggang Olahraga Soemantri Brojonegoro, Jakarta.

Sebagai rangkaian acara tersebut, digelar lomba Koreo Simbolon Martumba 2017, di Gedung Theater Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebanyak 100 grup mengenakan Ulos, mengikuti lomba tersebut. Peserta berasal berbagai daerah diantaranya Bandung, Purwokerto dan Jabodetabek. Setiap grup terdiri dari empat atau lima orang.

Martumba merupakan tarian masyarakat Batak Toba yang dilakukan oleh sekelompok remaja atau muda-mudi.

Setiap gerakan tari yang diiringi nyanyian mengekspresikan kegembiraan. Biasanya Martumba diadakan pada acara pesta rakyat atau upacara adat.

Ketua umum Ina PSBI, Dessi Trinita Simbolon menyambut baik atas antusiasme peserta yang ikut dalam lomba Martumba tahun ini.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) yang berperan sebagai juri lomba.

"Lomba koreo Simbolon Martumba ini bertujuan untuk menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi batak. Selain itu untuk lebih memperkenalkan budaya Batak ke Dunia Internasional dan khususnya warga Batak lebih mencintai lagi budaya asal mereka," terangnya.

Pesta Bolon Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) ke III, sekaligus kongres ke III, akan digelar pada 3-9 Juli 2017 mendatang di Gelanggang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News