Ratusan Umat Islam Gelar Salat Jumat di Alun-alun Pusat Kota Melbourne

Ratusan Umat Islam Gelar Salat Jumat di Alun-alun Pusat Kota Melbourne
Ratusan Umat Islam Gelar Salat Jumat di Alun-alun Pusat Kota Melbourne

Tepat empat minggu setelah serangan teror terhadap jamaah masjid di Christchurch, Selandia Baru, ratusan umat Islam menggelar salat Jumat (12/4/2019) di Federation Square, Melbourne.

Salat Jumat di Alun-alun Melbourne

  • Salat Jumat digelar empat minggu setelah serangan teror di Christchurch, di alun-alun terbuka Kota Melbourne
  • Seorang peserta mengaku ingin ikut dalam "peristiwa bersejarah" ini
  • Khatib menyerukan umat Islam lebih berkontribusi secara sosial kepada masyarakat luas

Ibadah wajib mingguan umat Islam itu dimulai tepat Pukul 1 siang di alun-alun pusat kota Melbourne dengan cuaca yang cerah di musim gugur yang sedang berlangsung saat ini.

Penyelenggara menyebutkan salah satu tujuan untuk menggelar salat Jumat di lapangan terbuka adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap para korban tewas dalam serangan teror di masjid Christchurch, Selandia Baru.

Acara ini juga merupakan bagian dari Salam Fest yang merayakan seni, budaya, dan kuliner Islam yang kontemporer yang akan digelar akhir pekan ini (13-14 April 2019).

Ratusan Umat Islam Gelar Salat Jumat di Alun-alun Pusat Kota Melbourne Photo: Salat Jumat juga diikuti oleh Muslimah dan beberapa komunitas dari latar belakang lainnya. (ABC News: Farid M. Ibrahim)

Dari pengamatan ABC Indonesia, ratusan orang mulai mendatangi lokasi yang berseberangan dengan stasiun utama di kota itu, sekitar setengah jam sebelumnya.

Seorang warga asal Pakistan, Abdulrahim Ahmad yang ditemui di lokasi mengatakan ia ikut salat Jumat di Federation Square karena ingin menjadi bagian dari apa yang disebutnya "peristiwa bersejarah".

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News