Ratusan WNA Datang ke Sini Demi Belajar Agama Islam

Ratusan WNA Datang ke Sini Demi Belajar Agama Islam
Alquran. Ilustrasi Foto: Lombok Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, PONOROGO - Ratusan warga negara asing (WNA) dari berbagai negara berbondong - bondong datang ke Ponorogo, Jatim. Kedatangan mereka ke Ponorogo, hanya untuk mendalami ilmu agama atau lebih dikenal dengan sebutan mondok ke ponpes.

Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu kota jujugan warga negara asing dari berbagai negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand.

Jumlahnya WNA yang datang ke Ponorogo mencapai sekitar 153 orang. Mereka sengaja tinggal di Ponorogo demi menuntut ilmu di Pondok Modern Darussalam Gontor dan beberapa pondok pesantren lainnya.

Hendrya Widjaya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Ponorogo, mengatakan, banyaknya warga negara asing yang tinggal di Ponorogo ini, bisa memberikan dampak positif.

Di antaranya mulai dari pertambahan jumlah investasi, dan secara tidak langsung bisa mempromosikan Bumi Reog ke luar negeri.

"Meski demikian imigrasi juga tetap melakukan pengawasan terhadap orang asing yang bekerja sama dengan tim pengawasan dari kepolisian," ujar Hendrya.

Sementara sejauh ini, pihak imigrasi yang mengawasi tiga wilayah yakni Trenggalek, Pacitan dan Ponorogo ini masih terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, tentang adanya warga asing yang tinggal di daerah Ponorogo, Trenggalek dan Pacitan. (yos/jpnn)


Banyaknya warga negara asing yang tinggal dan belajar agama bisa memberikan dampak positif untuk warga setempat.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News