Rekam Paspor Para Calon Jemaah Haji Sudah Dimulai

Rekam Paspor Para Calon Jemaah Haji Sudah Dimulai
Ilustrasi calon jemaah haji. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com, SIDOARJO - Layanan mobile penerbitan paspor calon jemaah haji (CJH) dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya dimulai lagi.

Para CJH di Kota Delta bakal mendapat layanan tersebut. Mereka bisa melakukan pembuatan paspor di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo.

''Sama dengan tahun lalu, CJH dimudahkan oleh layanan pembuatan paspor mobile,'' kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenang Sidoarjo Rohmad Nasrudin.

Dengan layanan tersebut, para CJH tidak perlu datang ke kantor imigrasi. Sebaliknya, petugas imigrasilah yang akan datang ke kantor Kemenag untuk memberikan pelayanan pembuatan paspor.

Selain kelengkapan dokumen, kantor Kemenag berfokus pada pelayanan kesehatan CJH. Berdasar data, para CJH sudah menjalani tes kesehatan tahap pertama.

Sebagian besar CJH dinyatakan mampu menjalani ibadah haji ke Tanah Suci. ''Persentase dinyatakan mampu mencapai 99,99 persen,'' lanjut Nasrudin.

Dia menyatakan, hanya sebagian kecil CJH yang dinyatakan tidak mampu oleh petugas kesehatan dengan kualifikasi ketidakmampuan tidak tetap.

Artinya, kondisi CJH dalam pantauan tim medis. Perkembangan mereka terus dilihat sampai mendekati hari H keberangkatan.

Para calon jemaah haji tidak perlu datang ke kantor imigrasi cukup dengan layanan pembuatan paspor mobile.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News