Rekrutmen CPNS 2019 Diprioritaskan untuk 48 Daerah

Rekrutmen CPNS 2019 Diprioritaskan untuk 48 Daerah
MenPAN RB Syafruddin menjelaskan soal rekrutmen CPNS 2019. Ilustrasi Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan 100 ribu formasi dalam rekrutmen CPNS 2019. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, 100 ribu itu untuk mengisi formasi Papua dan Papua Barat, serta daerah yang terdampak bencana, yaitu di Palu, Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong.

Dalam rekrutmen CPNS 2018, ada 48 daerah yang mengalami penundaan seleksi. Sebagian besar karena wilayahnya hancur akibat bencana gempa dan tsunami.

"Prinsipnya dilakukan secara bertahap, tanpa mengganggu kontestasi Pilpres dan Pileg serentak yang akan berlangsung April mendatang," kata Menteri Syafruddin, Jumat (25/1)

Mengenai formasi 59.458 yang tidak terisi pada rekrutmen CPNS 2018, Syafruddin mengungkapkan, masih akan dibahas bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang teknis pengisiannya.

Komisi II DPR RI mendesak pemerintah untuk mengisi formasi kosongnya dengan para peserta yang lulus passing grade tapi tidak terakomodir karena keterbatasan formasi di jabatan pilihannya.

BACA JUGA: Wuihh, PNS Baru Langsung Dapat Remunerasi

"Permintaan DPR itu masih harus dirumuskan lagi. Yang penting tahun ini kami siapkan 100 ribu formasi CPNS. Karena formasi tahun lalu yang mencapai 238.015 tidak cukup menutupi kebutuhan PNS," tuturnya.

BACA JUGA: Baru 34 Instansi Usulkan Pemberkasan NIP CPNS, Lainnya?

Rekrutmen CPNS 2019 yang menyiapkan 100 ribu formasi akan diprioritaskan untuk 48 daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News