RI-Jepang Mendorong Peningkatan Kerja Sama Militer

RI-Jepang Mendorong Peningkatan Kerja Sama Militer
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima Kunjungan Kehormatan Dubes Jepang Masafumi Ishii di ruang tamu Panglima TNI Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Senin (12/3). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dan Jepang mendorong peningkatan kerja sama dalam berbagai aspek khususya di bidang militer. Hal tersebut mengemuka saat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Jepang Mr. Masafumi Ishii dan Penasihat Kepala Bidang Politik Mr. Susumu Takanai di ruang tamu Panglima TNI Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Senin (12/3).

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Jepang Mr. Masafumi Ishii mengucapkan selamat atas pelantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dan semoga kerja sama yang telah terjalin selama ini di antara kedua negara semakin meningkat di masa yang akan datang.

Pada pembicaraan tersebut, Dubes Jepang mengharapkan hubungan Indonesia-Jepang tahun ini semakin meningkat. Selanjutnya, Dubes Jepang menyatakan memahami hubungan sejarah Indonesia - Jepang telah berlangsung cukup lama dan sangat erat. Hal ini ditandai dengan pemasangan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Kementerian Pertahanan Jepang yang menunjukkan kedekatan hubungan kedua Negara.

Lebih lanjut, Dubes Jepang membicarakan tentang isu-isu terkini terkait dengan perkembangan global dan isu-isu strategis di antaranya penanggulangan terorisme, illegal fishing dan bentuk pelanggaran lainnya untuk kerja sama penanganan yang lebih baik.

Demikian pula Dubes Jepang menawarkan akan meningkatkan kerja sama militer kedua Angkatan Bersenjata dalam bidang pendidikan melalui pertukaran perwira siswa dan pengembangan teknologi militer di masa mendatang. Selanjutnya dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama akan dilaksanakan pada event-event yang melibatkan kapal perang Armada Jepang ke Indonesia sekitar bulan Juli dan Oktober 2018.

Selain itu, Dubes Jepang dalam suasana yang sangat hangat mengucapkan terima kasih atas bantuan Indonesia terhadap korban bencana alam yang terjadi di Jepang tujuh tahun lalu.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam pertemuan itu menyampaikan selamat datang dan suatu kehormatan Dubes Jepang dapat berkunjung di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.

Selanjutnya dalam pembicaraan tersebut, Panglima TNI menyambut baik penawaran Dubes Jepang terkait dengan kerja sama militer di bidang pendidikan dan kerja sama lainnya.

Panglima TNI dan Dubes Jepang membicarakan tentang isu-isu terkini terkait perkembangan global dan isu-isu strategis di antaranya penanggulangan terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News