Ribuan Pegowes Sepeda Nusantara di Demak Tempuh 15 Kilometer

Ribuan Pegowes Sepeda Nusantara di Demak Tempuh 15 Kilometer
Suasana Sepeda Nusantara di Demak. Foto: kemenpora

jpnn.com, DEMAK - Kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Demak, Jawa Tengah, Minggu (4/11/2018) pagi WIB. Ribuan pegowes melewati berbagai tempat, termasuk mengitari pohon-pohon Jambu yang ada di Demak.

Demak merupakan salah satu dari 70 kabupaten yang disambangi Sepeda Nusantara 2018. Start dimulai dari Stadion Pancasila dan ada jarak 15 kilometer yang harus ditempuh.

Khusus di Demak, acara ini diberi nama Sepeda Nusantara Etape Jambu Demak. Sebab, banyak pohon Jambu yang dilewati selama acara berlangsung. Jambu juga merupakan buah kebanggaan Demak dan banyak ditanam di pinggir jalan.

Acara dibuka dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan senam 'Ayo Olahraga'. Lalu ada sambutan dari Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora, Aris Subiyono. Acara ini juga dihadiri Bupati Demak, HM Natsir.

"Dari sensus, ada 27 persen masyarakat yang berusia 10 tahun ke atas berolahraga. Kami punya target 35 persen dan acara ini jadi salah satu upaya kami untuk mencapai target tersebut," ucap Aris.

 

Sepeda Nusantara 2018 sendiri adalah kegiatan dari Kementerian Pemuda & Olahraga Republik Indonesia.

Tujuannya meningkatkan derajat dan kualitas kebugaran jasmani masyarakat dan menghasilkan multiplier effect di berbagai sektor seperti sektor ekonomi dan pariwisata, memperkuat ketahanan sosial, memperluas kesadaran lingkungan dan hemat energi.

Kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Demak, Jawa Tengah, Minggu (4/11) pagi. Ribuan pegowes melewati berbagai tempat termasuk mengitari pohon-pohon Jambu di Demak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News