Ribuan Warga Datang Berbondong-bondong Ikuti Gowes di Pegunungan Rejang Lebong

Ribuan Warga Datang Berbondong-bondong Ikuti Gowes di Pegunungan Rejang Lebong
Menpora Imam Nahrawi saat lepas Gowes Pesona Nusantara. Foto: ist for jpnn

jpnn.com, BENGKULU - Ribuan warga peserta Gowes Pesona Nusantara berhasil mencapai finish setelah menempuh jalan penuh tanjakan mengelilingi Kota Rejang Lebong, Bengkulu, Sabtu (22/7).

Peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat tampak antusias berkumpul sejak pagi di kota yang berada di jajaran Bukit Barisan.

Asisten Deputi Kepemudaan Kemenpora Drs. Sanusi membuka rangkaian kegiatan 'Ayo Berolahraga' ini didampingi Sekda Rejang Lebong RA Denny SH dan Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Henny Kurniati SE MM.

Sanusi mengaku bangga melihat para peserta berhasil membuktikan ketangguhannya. "Masyarakat disini benar-benar sehat dan kuat," ujarnya.

Menurut Bupati Rejang Lebong Drs. HA. Hijazi yang hadir saat finish, olahraga bersepeda merupakan olahraga favorit bagi masyarakat Rejang Lebong.

  "Mereka sering touring bersepeda antar kabupaten bahkan keluar propinsi melalu jalan pegunungan. Mereka sudah biasa dengan tanjakan," ujar Bupati yang biasa mengajak masyarakat bershalawat sebelum memulai kegiatan.

Dengan adanya program ini masyarakat lebih bergairah lagi untuk bersepeda. "Karena itu kami kini merencanakan sebuah event internasional bersepeda di gunung (mountain bike) dengan rute melalui tempat-tempat wisata unik dan eksotik yang belum dikenal masyarakat luas karena masih tersembunyi di balik hutan lebat dan aksesnya masih sulit tapi akan segera kami bangun," ujarnya.

Menurut Hijazi yang baru satu setengah tahun menjabat Bupati, pamor Kabupaten Rejang Lebong selama ini menurun, padahal dulu sebelum ada Freeport di Papua, bangsa Indonesia mengenal Rejang Lebong sebagai daerah penghasil emas selain daerah Cikotok, Jawa Barat.

Ribuan warga peserta Gowes Pesona Nusantara berhasil mencapai finish setelah menempuh jalan penuh tanjakan mengelilingi Kota Rejang Lebong, Bengkulu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News